• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Model CCAF (Context, Challenge, Activity, Feedback) dengan Konten Tiktok Terhadap Motivasi Belajar dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tanggul

    Thumbnail
    View/Open
    NIM180210302109_SANTI PUSPITA DEWI.pdf (3.710Mb)
    Date
    2023-04-14
    Author
    DEWI, Santi Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model CCAF adalah model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi aktif peserta didik. Model CCAF ini menekankan pada “learning by doing”, artinya pembelajaran lebih menekankan pada keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Sedangkan tiktok adalah aplikasi berbagi konten video online yang memungkinkan penggunanya membuat video berdurasi 15 detik disertai musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model CCAF dan konten tiktok dengan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen (experimental research). Berdasarkan uji Ancova diketahui bahwa perbedaan nilai rata-rata kelas eksprimen dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 6,73. Pada nilai Partial Eta Squered menunjukan nilai 0.389 yang menunjukkan nilai efek rendah namun hasilnya signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model CCAF dengan konten tiktok efektiv digunakan untuk proses pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Model CCAF, konten tiktok, pembelajaran sejarah
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117774
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository