• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Financial Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Financial Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Administrasi Penyusunan Laporan Realisasi Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    BPKD Kabupaten Lumajang memiliki tugas yaitu membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang keuangan. Dalam mengelola keuangan daerah, hal pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan perancangan anggaran daerah. Menurut Mardiasmo (2018 : 74) “Anggaran daerah / publik merupakan suatu dokumen yang menggambarkan kondisi keuangan dari suatu organisasi yang meliputi informasi mengenai pendapatan, belanja, dan aktivitas”. Hasil implementasi dari rancangan anggaran tertuang dalam laporan realisasi anggaran. Laporan realisasi anggaran menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan. (4.335Mb)
    Date
    2023-06-08
    Author
    HAKIM, Risma Aulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada abad ke-21 perlu adanya kemampuan dalam menghadapi abad tersebut, yang dikenal dengan istilah 6C sehingga pembelajaran juga harus merujuk pada kemampuan tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di kelas V SDN Wonoasih 1 Probolinggo adalah pembelajaran yang berlangsung cenderung pasif karena masih teacher centered. Selain itu, penggunaan metode dan model dalam pembelajaran juga monoton. Hal ini mengakibatkan siswa terkadang merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung. Media gambar sangat sering digunakan sehingga beberapa siswa masih merasa kesulitan dalam memahami materi. Tidak hanya itu, daya ingat siswa terhadap materi muatan IPA juga rendah. Indikator yang ingin dicapai banyak pada ranah C2 hingga C3, namun ada beberapa RPP yang indikatornya masih C1. Dengan demikian, hal tersebut mengakibatkan HOTS siswa rendah. Hasil analisis pada prasiklus dapat menunjukkan bahwa HOTS siswa pada muatan IPA secara klasikal mencapai 43,64% dengan jumlah siswa yang berhasil mendapatkan nilai di atas KKM ( 70) sebanyak 1 siswa dan rangenya adalah 80. Hal ini membuktikan bahwa HOTS siswa di kelas V sangat rendah. Selain itu, 30 dari 33 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Rangenya adalah 60 dengan nilai rata-rata adalah 53,03. Penyebab rendahnya HOTS siswa di kelas V terjadi adalah karena guru belum pernah menerapkan model pembelajaran yang berorientasi HOTS, salah satunya ialah model Discovery Learning. Dengan demikian, peneliti hendak menerapkan model Discovery Learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills pada muatan IPA tentang sifat-sifat benda padat, cair, dan gas siswa kelas V di SDN Wonoasih 1 Probolinggo.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117404
    Collections
    • DP-Financial Accounting [183]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository