• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Materi Keberagaman Jenis Pekerjaan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas IV di SDN 5 Ngajum Malang

    Thumbnail
    View/Open
    repo zulhan malik fajar.pdf (6.814Mb)
    Date
    2023-04-04
    Author
    FAJAR, Zulhan Malik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemanfaatan perkembangan teknologi dapat dijadikan media atau sarana guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Media pembelajaran merupakan alat bantu atau perantara yang dapat memudahkan setiap guru dalam menyampaikan materi saat proses pembelajaran. Kreatifitas dan kemahiran tentunya, diperlukan dalam membuat atau mendesain media pembelajaran agar terlihat menarik. Canva adalah aplikasi yang dapat menjadi alternatif mudah digunakan guru dalam mendesain media pembelajaran. Canva merupakan aplikasi desain grafis, aplikasi canva telah menyediakan berbagai ribuan template dan fitur animasi yang cukup menarik serta berbagai opsi desain yang ingin dibuat. Aplikasi canva dapat dimanfaatkan dalam mendesain berbagai media pembelajaran khususnya untuk media video pembelajaran. Peserta didik diharapkan lebih memahami materi melalui media video yang didesain semenarik mungkin menggunakan aplikasi canva memuat aspek gambar bergerak, ditambahkan berbagai animasi menarik dan dibantu suara seperti narasi beserta teks-teks penjelasan terkait materi tersebut yang dihubungkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Melalui pembelajaran kontekstual dapat digunakan dalam mengaitkan materi yang sedang dipelajari peserta didik dengan dunia nyata sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran khususnya di kelas IV pada pembelajaran tema 8 subtema 3 materi keberagaman jenis pekerjaan yang terdapat dalam pembelajaran IPS yang pada dasarnya menggambarkan aspek kajian yang mengkaji aktivitas sosial yang ada di lingkungan masyarakat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117283
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). 

      Ikhsanul Halikin (2013-12-24)
      Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ...
    • PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP 

      SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)
      Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...
    • Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran 

      Ani, Hety Mustika (2013-07-01)
      Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository