• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Soal Numerasi Konten Aljabar untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI INDAH DWI HARVANI.pdf (974.5Kb)
    Date
    2023-04-13
    Author
    HARVANI, Indah Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil studi PISA tahun 2018 menyatakan bahwa kemampuan literasi numerasi mayoritas siswa di Indonesia relatif rendah. Dalam rangka perbaikan mutu pendidikan di Indonesia pemerintah melakukan perubahan pada proses evaluasi dengan mengganti UN menjadi AKM. Proses pembaruan ini ditujukan guna membiasakan siswa berpikir kritis yang merupakan salah satu dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Maka dari itu, soal numerasi AKM harus merupakan soal berpikir tingkat tinggi. Namun sebagian besar instrumen penilaian yang dikembangkan oleh guru SMP di Indonesia tidak melibatkan proses berpikir dan bernalar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi sehingga terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil dari pengembangan soal numerasi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil analisis dengan pemodelan Rasch menyatakan bahwa 10 soal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan Outfit MNSQ, Outfit ZSTD, dan Pt. Mean Corr sehingga tidak ada soal yang perlu dirubah. Nilai item reliability sebesar 0,82 bermakna bahwa hasil dari pengembangan soal berada di kategori bagus dan dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan baik. Berdasarkan analisis kemampuan subjek penelitian yang terdiri dari 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jember, sebanyak 39% siswa termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi level rendah sedangkan 61% lainnya termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi level tinggi. Hasil pengembangan soal numerasi konten aljabar untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117094
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository