Literasi Digital Sebagai Penguatan Bargaining Position Produk Kreatif Dalam Pemberdayaan Kelompok Perempuan “Moss 1”
Date
2022-12-02Author
IBANAH, Indah
YANUARTI, Rizky
LUTHFIYAH, Lenny
MUTMAINNAH, Laily
Metadata
Show full item recordAbstract
Mother School Sumbersari (MOSS) 1 merupakan Kelompok Binaan Bersama Kantor Urusan Agama
(KUA) dan Penyuluh Sumbersari, di Lingkungan Sadengan, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan
Sumbersari, Kabupaten Jember. Identik dengan kegiatan keagamaan, namun MOSS 1 memiliki
ekstrakurikuler pada bidang entrepreneur atau kewirausahaan. Kegiatan kewirausahaan selama ini yang
dilakukan oleh anggota MOSS 1 adalah menjual produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh
anggota saat acara kajian rutin atau hanya sebatas dari mulut ke mulut dan update status Whatsapp.
Ada pun kegiatan pelatihan lain yang dilakukan seperti pelatihan merajut, meronce, dan penciptaan karya
produk lainnya. MOSS 1 memiliki beberapa permasalahan pada pemasaran produk dan branding. Oleh
sebab itu, solusi dan tujuan yang diberikan adalah pelatihan pembuatan brosur digital dan penguatan
terhadap branding. Metode yang dilakukan: (1) penyuluhan, (2) pelatihan, (3) diskusi, dan (4) evaluasi.
Hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) khususnya pada kelompok MOSS 1
antaralain: (1) kegiatan penyuluhan berdiskusi mengenai arti penting digital marketing saat ini,
pentingnya branding, merek, dan logo. Hasil (2) kegiatan pelatihan dipilih adalah pembuatan brosur
online. Hal ini menjadi pilihan, karena Ibu-ibu sering mengirim foto produk melalui media sosial,
khususnya Whatsapp yang sering diabaikan, karena dianggam sebagai spam. Berikut adalah tautan
Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember
Volume 1, Nomor 2, Desember 2022
Ibanah, dkk. 79
brosur online yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi ‘imooji’:
https://imooji.com/stage/v5/29NEB/94817. Hasil kegiatan pelatihan pembuatan brosur online
menjadi keunikan dalam PkM ini. Kegiatan (3) diskusi dan (4) evaluasi menghasilkan bahwa penguatan
branding terhadap produk usaha MOSS 1 sangat penting. Hal ini dikarenakan branding MOSS 1
identik dengan kegiatan keagamaan. Penguatan dalam manajemen bisnis kelompok produk kreatif
MOSS 1 dapat dijadikan sebagai rekomendasi kegiatan PkM selanjutnya.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]