Survei Kepuasan Masyarakat Kabupaten Jember Bidang Pertanian
Date
2022-06-01Author
KUNTADI, Ebban Bagus
RIDJAL, Julian Adam
RAHMAN, Rena Yunita
FAUZIYAH, Diana
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja pelayanan publik pada Dinas Pertanian
Kabupaten Jember, mengetahui dan mengidentifikasi unsur-unsur kekurangan atau kelemahannya.
Metode dalam pengambilan data menggunakan metode secara diskriptif. Data yang diperlukan berupa
data primer dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait. Populasi adalah seluruh masyarakat
yang mendapatkan pelayanan di lingkungan Dinas Pertanian Wilayah Kabupaten Jember. Analisis data
menggunakan indeks kepuasan masyarakat. Secara umum perolehan IKM pada di Dinas Tanaman
Pangan, Hortikultura dan Perkebunan di Kabupaten Jember memperoleh Nilai Indeks 78,56. Nilai IKM
terletak pada nilai interval konversi IKM antara 62,51 sampai 81,25 yang menggambarkan kinerja atas
pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan
pada tahun 2021 dengan katagori untuk Mutu Pelayanan “B“ dengan Kinerja Unit Pelayanan adalah
BAIK. Hasil rata-rata per unsur pelayanan yang menunjukkan nilai rata-rata diatas 3,00 adalah
persyaratan pelayanan, biaya, kompetensi pelaksana, sikap pelaksana, penanganan pengaduan saran dan
masukan dan sarana prasarana. Sedangkan yang menunjukkan nilai rata-rata dibawah 3,00 adalah
prosedur pelayanan, waktu pelayanan dan kesesuaian produk layanan dengan realisasi membutuhkan
perhatian khusus agar kualitas pelayanan semakin baik. Rekomendasi diantaranya adalah perbaikan dan
penguatan sarana dan prasarana pendukung, terutama pada level Balai Penyuluhan (BPP).
Jurnal Hasil Penelitian Universitas Jember
Volume 1, Nomor 1, Juni 2022
Kuntadi, dkk 36
Peningkatan kapasitas balai penyuluhan direkomendasikan agar menjadi penguatan aktualisasi data dan
cyber extension.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]