• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (5.501Mb)
    Date
    2023-01-19
    Author
    MUANISA, Lutfiatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan hasil belajar disebabkan oleh siswa, kurang pahamnya siswa pada materi pelajaran menyebabkan hasil belajar yang rendah, kurang pahamnya siswa pada materi pelajaran disebebkan karena materi yang sulit dipahami menyebabkan kendala pada saat pembelajaran siswa kurang minat dalam bertanya dan harus ditunjuk langsung untuk bertanya, dalam pembelajaran IPA sendiri disini hanya menggunakan buku paket IPA dan menggunakan video pembelajaran menyebabkan siswa kurang memahami langsung materi yang diajarkan. Permasalahan dalam kemampuan berpikir kritis tersebut siswa kurang minat untuk menjawab suatu masalah yang diberikan oleh guru proses pembelajaran sehari-hari dianggap kurang efisien dalam menciptakan bakat, potensi, dan minat siswa. Rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada materi zat aditif dan zat adiktif saat ini masih tergolong rendah perlu adanya model untuk membantu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan artikel ini mengetahui pengaruh model PBL pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design (pre-test and post-test), dan menggunakan metode purposive sampling. Dimana dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa, 2) terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116526
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository