Show simple item record

dc.contributor.authorINDAH, Amaliyatul
dc.date.accessioned2023-05-23T03:34:54Z
dc.date.available2023-05-23T03:34:54Z
dc.date.issued2022-12-26
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220101020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116374
dc.description.abstractPembelajaran matematika sering dianggap sulit bagi siswa yang mengakibatkan masih kurangnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Permasalahan tersebut terjadi di SMPN 8 Jember yang berdasarkan hasil observasi, siswa kelas VII memiliki keterampilan pemecahan masalah yang rendah diakibatkan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Jika permasalahan tersebut tidak segera diatasi dikhawatirkan akan berlanjut pada generasi siswa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL metode tutor sebaya berbantuan card problem terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP materi segiempat. Penelitian ini termasuk quasi experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest yang akan diuji dengan uji Paired Samples T Test dan uji regresi (ANOVA) pada aplikasi SPSS. Hasil uji Paired Samples T Test pada kelas eksperimen memberikan nilai sig. sebesar 0,000 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,003. Uji regresi pada kelas eksperimen nilai sig. 0,014 dan kelas kontrol memberikan nilai sig. 0,033. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model PBL metode tutor sebaya berbantuan card problem lebih efektif dan berpengaruh daripada model PBL metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah implementasi media pembelajaran card problem pada model PBL metode tutor sebaya memberikan hasil yang efektif terhadap hasil belajar matematika materi segiempat.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Susanto, M.Pd. Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCard problem; hasil belajar; model Problem Based Learning tutor sebayaen_US
dc.titleEksperimentasi Model Problem Based Learning Metode Tutor Sebaya Berbantuan Card Problem dan Model Jigsaw Berbantuan Card Problem ditinjau dari Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 23 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record