• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Berpikir Kritis Siswa Berkepribadian Sensing, Intuition, Thinking, Feeling dalam Menyelesaikan Masalah dengan Informasi Kontradiksi Materi Bilangan Berpangkat

    Thumbnail
    View/Open
    (Anggi Nabilla) Draf Skripsi revisi print.pdf (5.023Mb)
    Date
    2023-01-13
    Author
    UMAMI, Anggi Nabilla
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap siswa penting memiliki kemampuan berpikir kritis karena kemampuan ini memungkinkan mereka untuk menguasai kemampuan kuantitatif lainnya. Problem With Contradiction Information (PWCI) yaitu permaslaahan yang memuat informasi kontradiksi merupakan salah satu permasalahan yang dapat membantu melatih berpikir kritis. Setiap siswa memiliki karakteristiknya masing-masing, hal tersebut juga berpengaruh dalam berkpikir kritisnya. Salah satu cara mengidentifikasi tipe kepribadian seseorang adalah dengan Myers Briggs Type Indicator (MBTI), dimana manusia digolongkan berdasarkan beberapa perspektif, seperti cara memahami dan memperoleh informasi (Sennsing-Intuition), serta cara menarik kesimpulan dan keputusan (Thinking-Feeling). Hal tersebut yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berkepribadian sensing, intuition, thinking dan feeling. Delapan siswa SMA Negeri Arjasa yang masing-masing terdiri atas 2 siswa berkepribadian sensing, intuition, thinking dan feeling menjadi subjek dalam penelitian ini. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di, dengan. Tes dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis hasil tes, wawancara dan triangulasi adalah teknik analisis yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa setiap siswa memiliki karakteristiknya yang berbeda dalam menyelesaikan masalah. Hasil tes berpikir kritis menunjukkan walaupun tidak ada siswa memenuhi semua indikator berpikir kritis, terdapat siswa yang menemukan informasi kontradiksi dalam soal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115835
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository