Show simple item record

dc.contributor.authorYULIASTUTIK, Sri
dc.date.accessioned2023-05-02T02:42:02Z
dc.date.available2023-05-02T02:42:02Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.nim90210102010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115667
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang sistematis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan atas pengamatan dan induksi. Pada hakikatnya IPA memiliki empat unsur utama yaitu (1) sikap, (2) proses, (3) produk, dan (4) aplikasi. Empat unsur utama IPA inilah yang harus dimunculkan dalam suatu pembelajaran IPA. Oleh karena itu, untuk mencapai unsur-unsur tersebut diperlukan suatu pembelajaran IPA yang tepat. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hasil studi PISA, TIMSS dan firma pendidikan Pearson menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam bidang IPA/Sains masih rendah. Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA di SMPN 1 Maesan, menyatakan bahwa hasil belajar dan sikap ilmiah siswa masih rendah. Salah satu alternatif solusi dalam proses pembelajaran yang menyenangkan, mampu mengarahkan siswa yang aktif, meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah adalah menggunakan model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs?, (2) apakah model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs?, dengan tujuan untuk: (1) mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs, (2) mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL INKUIRIen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectAUDIO VISUALen_US
dc.titleDampak Model Inkuiri Terbimbing Disertai Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Maesanen_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiPendidikan MIPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sudarti, M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Bambang Supriadi, M.Scen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record