• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dampak Model Inkuiri Terbimbing Disertai Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Maesan

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Yuliastutik_Skripsi.pdf (9.957Mb)
    Date
    2014
    Author
    YULIASTUTIK, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang sistematis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan atas pengamatan dan induksi. Pada hakikatnya IPA memiliki empat unsur utama yaitu (1) sikap, (2) proses, (3) produk, dan (4) aplikasi. Empat unsur utama IPA inilah yang harus dimunculkan dalam suatu pembelajaran IPA. Oleh karena itu, untuk mencapai unsur-unsur tersebut diperlukan suatu pembelajaran IPA yang tepat. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hasil studi PISA, TIMSS dan firma pendidikan Pearson menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam bidang IPA/Sains masih rendah. Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA di SMPN 1 Maesan, menyatakan bahwa hasil belajar dan sikap ilmiah siswa masih rendah. Salah satu alternatif solusi dalam proses pembelajaran yang menyenangkan, mampu mengarahkan siswa yang aktif, meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah adalah menggunakan model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs?, (2) apakah model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs?, dengan tujuan untuk: (1) mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs, (2) mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbasis audiovisual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115667
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository