Pengembangan Buku Ajar Rangkaian Arus Bolak-Balik Disertai Penyelesaian Soal dengan menggunakan Teorema Phytagoras
Abstract
Pengembangan Buku Ajar Rangkaian Arus Bolak-Balik Disertai
Penyelesaian Soal dengan Menggunakan Teorema Phytagoras; Shinta
Nuriyah Mahbubiyah Royani, 190210102089; 2022: 118 halaman, Program Studi
Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember.
Ketersediaan buku ajar dalam pembelajaran dapat mendukung keberhasilan
proses pembelajaran. Suatu buku ajar dapat dikatakan sebagai buku ajar yang baik
apabila memenuhi empat kriteria standar kelayakan suatu buku ajar yang
berdasarkan pada peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu
kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan
kegrafikan. Salah satu buku ajar yang sering digunakan dalam pembelajaran
adalah buku ajar cetak. Buku ajar sangat diperlukan pada mata pelajaran yang
sulit dipahami oleh siswa, seperti mata pelajaran fisika. Materi fisika yang
dianggap sulit oleh peserta didik dan menjadi materi Ujian Nasional serta tes
masuk perguruan tinggi negeri salah satunya adalah materi arus bolak-balik. Hal
ini disebabkan karena dalam penyelesaiannya dibutuhkan perhitungan serta
pendekatan matematis yang cukup rumit sehingga Peserta Didik mengalami
kesulitan. Selain itu, dalam beberapa buku cetak pembahasan materi listrik
dinamis rangkaian arus bolak-balik masih menggunakan bahasa yang terlalu
tinggi serta pembahasan teks belum berkorelasi dengan soal sehingga peserta
didik mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal. Strategi yang dapat dilakukan
oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan melakukan
penelitian pengembangan suatu buku ajar fisika pada materi rangkaian arus bolakbalik yang didalamnya menggunakan cara penyelesaian soal yang lebih sederhana
yaitu dengan menggunakan teorema Phytagoras. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menghasilkan buku ajar rangkaian arus bolak-balik disertai penyelesaian
soal dengan menggunakan teorema Phytagoras yang valid, efektif, dan memiliki
respon yang positif.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan dengan mengkaitkan keidentikan
teori satu dengan teori lain yang sejenis. Setelah itu hasil dari keterkaitan
keidentikan teori tersebut akan disusun menjadi sebuah buku ajar dan akan
dikembangkan dengan diuji kevalidan, keefektifan dan respon peserta didik
dengan menggunakan uji terbatas.
Uji validitas dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 ahli serta 1 pengguna. Hasil
dari uji validitas buku ajar rangkaian arus bolak-balik disertai penyelesaian soal
dengan menggunakan teorema Phytagoras dikategorikan sangat valid oleh
validator ahli dan validator pengguna dengan perolehan skor rata-rata 4,46 dan
persentase kevalidan sebesar 89,2%, sehingga produk dapat diimplementasikan
pada proses pembelajaran. Selanjutnya, hasil dari uji efektivitas adalah diperoleh
data peningkatan uji N-Gain dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 83,46%,
sehingga buku ajar rangkaian arus bolak-balik disertai penyelesaian soal dengan
menggunakan teorema Phytagoras dapat dikategorikan efektif dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran. Terakhir
adalah melakukan analisis respon peserta didik yang memperoleh data dengan
nilai rata-rata 80,3 sehingga mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta
didik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dihasilkan buku ajar rangkaian
arus bolak-balik disertai dengan penyelesaian soal menggunakan teorema
Phytagoras yang valid, efektif, dan memiliki respon yang positif dari peserta
didik. Buku ajar ini masih memiliki keterbatasan yaitu teorema Phytagoras hanya
bisa digunakan ketika nilai resistor diketahui pada rangkaian seri bukan rangkaian
paralel. Maka dari itu, teorema Phytagoras hanya dapat digunakan pada rangkaian
seri RL, RC, dan RLC.