Show simple item record

dc.contributor.authorSISTA, Satwika Santa Widya
dc.date.accessioned2023-04-14T07:23:24Z
dc.date.available2023-04-14T07:23:24Z
dc.date.issued2023-01-13
dc.identifier.nim190210303025en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115426
dc.description.abstractSiswa perlu dibekali dengan keterampilan-keterampilan dalam memecahkan masalah karena pada hakikatnya belajar tidak hanya tentang menghafal dan memahami isi pelajaran saja namun juga suatu proses dalam memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kritis merupakan proses yang melibatkan kognitif siswa dalam menganalisis secara spesifik dan sistematis masalah yang dihadapi. Berpikir kritis merupakan cara berpikir berdasarkan nalar untuk menentukan pemecahan masalah yang diyakini. Menggunakan kemampuan berpikir kritis, kita dapat mengkaji dan mencari informasi sebagai upaya perencanaan dalam pemecahan masalah. Model pembelajaran memiliki peran atau andil yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah quantum teaching. Quantum teaching didefinisikan sebagai pembelajaran yang menjadikan interaksi antara guru dan siswa dengan mengubah energi menjadi cahaya. Interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa yaitu mengubah kemampuan alamiah dan bakat yang dimiliki siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi kehidupan siswa dan juga orang lain kedepannya. Model pembelajaran Quantum teaching merupakan model pembelajaran yang menggunakan konsep TANDUR, yaitu tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi dan rayakan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Jember dengan menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian post-test only control group desain. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol, dengan populasi penelitian kelas XI IPS. Penetapan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cluster random sampling yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil normal dan homogen. Kedua kelas tersebut sama-sama diberikan materi Potensi dan Persebaran Sumber Daya Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan untuk Ketahanan Pangan Nasional dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan post-test di akhir pertemuan kedua. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, pengukuran kemampuan berpikir kritis dan uji t-test. Data yang didapatkan dari post-test kemampuan berpikir kritis siswa yaitu data nilai siswa dengan masing-masing indikator dalam berpikir kritis. Rata-rata nilai yang didapatkan oleh kelas eksperimen yaitu sebesar 78, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72. Analisis data pada uji t-test kemampuan berpikir kritis memperoleh hasil dengan .sig 0.049. Hasil tersebut menunjukkan hasil dibawah 0.05, maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran quantum teaching. Hal tersebut didasarkan pada dasar pengambilan keputusan <0.05 maka model pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Indikator yang paling menonjol dalam penelitian kemampuan berpikir kritis ini adalah indikator memberikan penjelasan dasar dengan nilai 87 di kelas eksperimen dan nilai 85 di kelas kontrol. Hal tersebut bisa terjadi karena soal dalam indikator memberikaan penjelasan dasar dianggap lebih mudah dibandingkan dengan indikator lainnya. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectQuantum teachingen_US
dc.subjectKemampuan berpikir kritisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatortaufiken_US
dc.identifier.finalizationtaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record