Pemicuan Pendidikan Kecakapan Hidup Anak Era Pandemi Di Sumbersari Jember
Abstract
Covid-19 telah berdampak dalam berbagai sektor yang salah satunya adalah
sektor pendidikan. Sistem pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap
muka di sekolah, sekarang digantikan dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau
yang disebut dengan sistem pembelajaran daring. Sistem belajar daring memiliki
dampak lain seperti yang terjadi di Kelurahan Sumbersari, Kecamatan
Sumbersari, Kabupaten Jember, yang mana anak-anak selama proses belajar
daring hanya mendapatkan tugas dari guru. Selain itu anak-anak juga lebih
banyak melakukan aktivitas yang kurang produktif. KKN Back to Village yang
diselenggarakan oleh Universitas Jember tahun 2020, mahasiswa hadir dengan
tujuan untuk memberikan inovasi pembelajaran anak disaat covid-19. Fokus
utama dalam kegiatan KKN ini yaitu pendidikan kecakapan hidup bagi anak
terutama anak sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan berupa
sosialisasi, presentasi, pelatihan dan permainan. Hasil yang dicapai dalam
kegiatan ini yaitu terbentuknya anak yang tangguh, mandiri, aktif dan kreatif
melalui pendidikan kecakapan hidup.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7294]