• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Selly Candra Citra Murti - 080210102046_1.pdf (81.29Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Selly Candra Citra Murti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari IPA yaitu ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkapkan segala rahasia dan hukum alam semesta. Permasalahan yang sering terjadi di dalam pembelajaran fisika adalah lemahnya proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Pada umumnya siswa cenderung pasif sehingga membuat siswa kurang mengembangkan keterampilan berfikirnya. Keterampilan berfikir akan berhubungan langsung dengan keterampilan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan alasan di atas maka, perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan pemecahan siswa. Salah satu model yang mendukung adalah model Creative Problem Solving Jenis penelitian adalah eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Banyuwangi. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan hasil uji t dengan bantuan SPSS 16. Dari hasil pengujian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig 2 tail sebesar 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol. Untuk menghitung menghitung peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa diterapkan rumus klasikal dan diperoleh skor rata-rata 82,71% dengan rincian 27,5% klasifikasi masalah, 26,23% pengungkapan gagasan dan 29% untuk implementasi. Untuk aktivitas belajar siswa diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 92,04% aspek memperhatikan, 65,07% mengajukan pertanyaan, 65,48% menjawab pertanyaan dan 69,6% mengemukakan pendapat. Untuk kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata 80,89% aspek memperhatikan, 35,33% menjawab pertanyaan, 2 siswa mengajukan pertanyaan pada pertemuan I dan 2 siswa mengemukakan pendapatnya pada pertemuan I. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa siswa kelas eksperiman lebih aktif dibandingkan siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11457
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository