PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TRANSMART JEMBER
Abstract
Perkembangan bisnis yang semakin pesat salah satunya yakni di bidang
retailer. Pertumbuhan penjualan ritel di Indonesia meningkat tembus 10% dari
tahun 2019 dengan mencapai 256 triliun. Salah satu perusahaan ritel terbresar di
Indonesia adalah Transmart dengan jumlah gerai sebanyak 137 gerai termasuk di
Jember. Peningkatan bisnis retail yang ketat ini didukung dengan gaya hidup
konsumtif masyarakat sehingga menjadi pertimbangan manajemen strategi
perusahaan untuk dapat memenuhi kepuasan konsumen. Transmart membuka
beberapa gerai ritel di Indonesia salah satunya berada di Kota Jember tepatnya
berada di Jl. Hayam Wuruk No. 61a. kendati demikian banyaknya pesaing membuat
pihak Transmart Jember memiliki strategi khusus agar tetap dapat bersaing
meskipun pada dasarnya perusahaan ritel ini memiliki citra merek yang kuat.
Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu citra merek, kualitas
layanan, harga, dan store atmosphere.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra
merek, kualitas layanan, harga, dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen
pada Transmart Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan explanatory
research. Populasi pada penelitian ini yakni konsumen Transmart Jember. jenis
data penelitian ini yakni jenis data kuantitatif. Sumber data pada penelitian adalah
data primer dengan metode pengumpulan melalui kuisioner online menggunakan
media google form. Teknik pengambilan sampe pada penelitian ini adalah non
probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel
penelitian ini sebanyak 105 responden dengan beberapa kriteria yang diajukan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Citra merek
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) Kualitas layanan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 3) Harga berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 4) Store atmosphere berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.