Show simple item record

dc.contributor.authorSITI AISYIAH PURNAMA SARI
dc.date.accessioned2013-09-23T03:17:08Z
dc.date.available2013-09-23T03:17:08Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM080210204035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1140
dc.description.abstractMenurunya aktivitas dan nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, sehingga pemahaman terhadap konsep-konsep IPA sulit dipahami oleh siswa dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPA yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA, guru harus berperan aktif untuk menerapkan beberapa metode dan media pembelajaran yang sesuai dan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Kolaborasi metode eksperimen dan snowball throwing dalam pembelajaran IPA dapat mendekatkan IPA kepada siswa serta memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a. bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 01 melalui penerapan kolaborasi metode eksperimen dan snowball throwing pokok bahasan Benda dan Sifatnya? b. bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 01 melalui penerapan kolaborasi metode eksperimen dan snowball throwing pokok bahasan Benda dan Sifatnya? Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dengan jumlah siswa 42 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan McTaggrat dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) presentase keaktifan pada Siklus I yaitu: siswa yang tergolong sangat aktif 19%, siswa yang tergolong aktif 42%. Siswa yang tergolong cukup aktif 29%, dan yang terakhir siswa yang tergolong kurang aktif 10%. Persentase keaktifan siswa di siklus II yaitu: siswa yang tergolong sangat aktif 28.5%, siswa yang tergolong aktif 52.4%. siswa yang tergolong cukup aktif 19.1%, dan siswa yang tergolong kurang aktif 0%. Dari data di atas jelas terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. (2) siswa mengalami peningkatan hasil belajar, hal ini dapat terlihat pada tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan secara klasikal sebesar 59.6%,. Tindakan siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar menjadi 69%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus II dengan persentasi sebesar 88%, jadi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa baik secara individual maupun klasikal. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, sementara guru hendaknya menerapkan kolaborasi metode eksperimen dan snowball throwing pada mata pelajaran lain yang dianggap cocok sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dengan memperhatikan kesesuaian antara materi dengan teknik mengajar dan pemilihan alat peraga atau media pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204035;
dc.subjectMETODE EKSPERIMEN DAN SNOWBALL THROWINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN BENDA DAN SIFATNYA MELALUI KOLABORASI METODE EKSPERIMEN DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record