• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Mustika Sari_1.pdf (191.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Dianita Cholida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SMP Negeri 01 Tapen merupakan salah satu sekolah negeri yang letaknya jauh dari perkotaan tepatnya di Kecamatan Tapen. Pada observasi awal (wawancara) dengan guru bidang studi matematika menjelaskan bahwa selama ini pembelajaran matematika di SMP Negeri 01 Tapen menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Guru bidang studi matematika menyarankan penelitian ini di lakukan di kelas VIIIF yang terdiri dari 38 siswa. Guru matematika SMP Negeri 01 Tapen menjelaskan keadaan siswa kelas VIII F, dan diketahui bahwa: 1) aktivitas belajar siswa di kelas VIII F masih rendah hal ini dapat terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa-siswanya hanya duduk manis dan mencatat apa yang tertulis di papan tulis saja; 2) kemampuan penalaran siswa rendah,siswa-siswanya terdiri dari berbagai tingkatan ekonomi yang berbeda sehingga ketika ada masalah yang disajikan dalam bentuk lain (tidak sesuai dengan contoh yang diberikan) siswa masih bingung bagaimana menyelesaikannya. Hal-hal tersebut merupakan faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan model pembelajaran yang menggabungkan dua macam pembelajaran, yaitu pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu, dimana setiap siswa dalam kelompok kecil (4 sampai 5 siswa) yang heterogen (mencakup siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah), dalam proses pembelajaran, siswa akan saling membantu dan mengecek pekerjaan atau tugas akademik teman sekelompoknya. Oleh karena itu peneliti menggunakan model kooperatif tipe TAI dan materi yang telah disepakati dengan guru bidang studi matematika yaitu teorema phytagoras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta ketuntasan hasil belajar siswa dalam materi teorema phytagoras. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 01 Tapen tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 38 siswa. Alasan pemilihan subjek penelitian yaitu kemampuan siswa atau hasil belajar dalam pelajaran matematika masih mengalami kekurangan yang sangat tinggi dan sebagian besar siswa kelas VIIIF banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Metode pengumpulan data yang dianalisa adalah metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data yang dianalisis adalah penerapan pembelajaran TAI (presentase aktivitas guru), aktivitas siswa (presentase), dan ketuntasan hasil belajar (presentase). Berdasarkan hasil analisa aktivitas guru selama pembelajaran kooperatif tipe TAI berlangsung yaitu pada siklus 1 (pembelajaran 1,2 dan 3) setelah dirata-rata diperoleh 89,67% tergolong kategori sangat aktif sedangkan analisa pada siklus 2 viii (pembelajaran 4,5 dan 6) setelah dirata-rata diperoleh 98,15% juga tergolong kategori sangat aktif. Berdasarkan analisa data mengenai aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TAI berlangsung, rata-rata persentase pada siklus 1 sebesar 68,45% (termasuk dalam kategori cukup aktif) sedangkan rata-rata persentase pada siklus 2 sebesar 80,76% (termasuk dalam kategori sangat aktif). Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa pembelajaran di kelas VIIIF yang pada awalnya menggunakan metode ceramah yang pembelajarannya terpusat pada guru, dan siswanya tampak hanya mendengarkan, dan ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, dan setelah pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TAI keaktifan belajar siswa kelas VIIIF meningkat. Ketuntasan belajar siswa VIIIF secara klasikal setelah diadakannya pembelajaran kooperatif learning tipe TAI berdasarkan hasil analisa data mengenai ketuntasan belajar siswa, persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai skor 47,37%, ada 20 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar secara individu, pada siklus 2 mengalami kenaikan presentase menjadi 58%. Dari peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal tersebut diatas, siswa kelas VIIIF SMP Negeri 01 Tapen ketuntasan belajarnya meningkat setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Cooperative tipe TAI (Teams Assisted Individualization).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11408
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository