Show simple item record

dc.contributor.authorVIONA, Devista Febby
dc.date.accessioned2023-03-29T06:56:43Z
dc.date.available2023-03-29T06:56:43Z
dc.date.issued2022-05-20
dc.identifier.nim150910101046en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113968
dc.description.abstractDiplomasi digital Indonesia telah dicanangkan sejak tahun 2002, namun saat itu penggunaan digital untuk diplomasi hanya sebatas penggunaan media sebagai alat koordinasi Kementerian Luar Negeri dengan media. Kemudian, penggunaan diplomasi digital ini berubah menjadi diplomasi strategis, seperti yang tercangum dalam Keputusan Menteri Luar Negeri No. 84/B/RO/I/2017/01 tahun 2017 tentang perubahan peta Strategi dan Indikator Kerja Utama Kementrian Luar Negeri Indonesia. Keputusan Menteri Luar Negeri 2017 tersebut menandai bahwa Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia tidak hanya menempatkan diplomasi digital sebagai alat diseminasi informasi saja melainkan menjadikannya sebagai bagian dari fungsi yang lebih strategis. Kementerian Luar Negeri Indonesia memfokuskan aktivitas diplomasi digital nya di media sosial dengan menggunakan akun resmi Kementerian. Karya ilmiah ini akan membahas bagaimana perkembangan penggunaan diplomasi digital di Indonesia melalui media sosial (Facebook dan Twitter). Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data secara studi pustaka dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data diperoleh melalui: publikasi Ilmiah (Jurnal-jurnal internasional), Buku-buku atau e-book, report yang dikeluarkan oleh lembaga nasional maupun internasional, dan situs resmi pemerintah maupun organisasi internasional. Kemudian data yang didapatkan tersebut akan diinterpretasikan oleh penulis sebagaimana teori-teori yang digunakan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa diplomasi digital melalui media social (Facebook dan Twitter) di Indonesia berkembang secara pesat dan memiliki peningkatan yang signifikan dari tahun 2017 hingga tahun 2021. Indonesia dikenal sebagai negara pengguna media sosial dalam skala besar. Salah satu faktor pendukung nya adalah semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan internet dan media social. Indonesia adalah satu dari beberapa negara yang semakin banyak menggunakan teknologi digital dalam diplomasi internasional. Dengan upaya pemerintah Indonesia yang ada, membuat diplomasi digital berkembang dengan pesat dengan melakukan beberapa tahapan diplomasi digital yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Kementerian luar negeri Indonesia melakukan tahapan dalam pengoptimalisasi diplomasi digital di Indonesia dengan membuat teknologi dan informasi yang dapat membantu komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. Media sosial juga dimanfaatkan oleh para diplomat sebagai sarana penyebaran informasi dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat Indonesia secara real time. Selain itu, kecepatan teknologi digital juga sangat membantu kerja para diplomat dalam menyampaikan laporan atau menyelesaikan persoalan yang memerlukan keputusan cepat.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Muhammad Iqbal, S.Sos., M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Pra Adi Soelistijono, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPERKEMBANGAN DIPLOMASI DIGITALen_US
dc.subjectMEDIA SOSIALen_US
dc.subjectFACEBOOK DAN TWITTERen_US
dc.titlePerkembangan Diplomasi Digital Indonesia Melalui Media Sosial (Facebook & Twitter) Tahun 2017 - 2021en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiHubungan Internasionalen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Muhammad Iqbal. S.Sos., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Pra Adi Soelistijono, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung-1 Desember 2022en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 29 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record