Show simple item record

dc.contributor.authorWAHUDI, Dicky
dc.date.accessioned2023-03-28T01:59:25Z
dc.date.available2023-03-28T01:59:25Z
dc.date.issued2022-10-11
dc.identifier.nim180210301010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113697
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran merupakan bagian paling penting dan dibutuhkan oleh siswa. Kegiatan pembelajaran itu sendiri merupakan kegiatan belajar mengajar untuk memberikan pengetahuan baru terhadap siswa agar tercapai pembelajaran yang baik. Berdasarkan hasil wawancara pada tanggal 09 Agustus 2021 dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri Arjasa Jember Salah satu model yang diterapkan oleh guru mata pelajaran ekonomi dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tetapi dalam proses penerapannya guru mata pelajaran ekonomi tidak menggunakan media apapun, sehingga penerapan model pembelajaran tersebut kurang memberikan dampak yang besar terhadap siswa. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental yang semu (quasi eksperimental) dengan pola non-equivalent control group design. Peneliti menentukan lokasi secara sengaja atau disebut dengan cara purposive area. Lokasi penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu di SMA Negeri Arjasa Jember yang berlokasikan di Jl. Sultan Agung No.64, Krajan, Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Objek penelitian pada penelitian ini ialah hasil belajar siswa kelas XI IPS mengenai pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual. Populasi yang dipakai yakni siswa kelas XI IPS SMA Negeri Arjasa Jember semester gasal tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 103 siswa, dikelompokkan dalam tiga kelas dan siswa dalam satu kelas tersebut dibagi menjadi antara 34-35 siswa. Proses penentuan sampel memakai teknik sampling purposive. Kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Sampel dipilih dikarenakan keduanya mempunyai karakteristik yang serupa yakni nilai hasil ulangan harian yang dibawah KKM. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dokumen, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menggunakan uji Independent Sample T Test yakni dengan signifikansi 0,012 < 0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan. Hasil belajar kelas eksperimen mengalami perubahan yaitu pada pretest mendapatkan rata-rata 76,18 dan pada posttest 81,47, sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar siswa mengalami perubahan yaitu pada pretest mendapatkan rata-rata 78,53 dan pada posttest 79,41. Ketuntasan siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami perubahan pada kelas eksperimen siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak sebanyak 14 siswa (41,17%) yang tuntas pada hasil pretest dan sebanyak 24 siswa (70,59%) yang tuntas pada hasil posttset, sedangkan pada kelas kontrol tidak ada perubahan siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 19 siswa (55,89%) yang tuntas pada hasil pretest dan sebanyak 19 siswa (55,89%) yang tuntas pada hasil posttest. Berdasarkan analisis di atas, telah terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri Arjasa Jember. Hal yang menyebabkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual memiliki hasil rerata peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional diakrenakan model pembelajaran tersebut lebih memberikan pelajaran yang berarti pada siswa dimana siswa dapat menghubungkan materi akademik dengan kehidupan nyata.en_US
dc.description.sponsorshipSukidin, Lisana Oktavisanti Mardiyanaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectContextua Teachig and Learningen_US
dc.subjectMedia Audio Visualen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lisana Oktavisanti M., S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorYden_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 28 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record