Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan bagian paling penting dan dibutuhkan
oleh siswa. Kegiatan pembelajaran itu sendiri merupakan kegiatan belajar
mengajar untuk memberikan pengetahuan baru terhadap siswa agar tercapai
pembelajaran yang baik. Berdasarkan hasil wawancara pada tanggal 09 Agustus
2021 dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri Arjasa
Jember Salah satu model yang diterapkan oleh guru mata pelajaran ekonomi
dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL). Tetapi dalam proses penerapannya guru mata pelajaran ekonomi
tidak menggunakan media apapun, sehingga penerapan model pembelajaran
tersebut kurang memberikan dampak yang besar terhadap siswa. Dalam penelitian
ini peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) berbantuan media audio visual untuk mengetahui adanya pengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimental yang semu (quasi
eksperimental) dengan pola non-equivalent control group design. Peneliti
menentukan lokasi secara sengaja atau disebut dengan cara purposive area.
Lokasi penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu di SMA Negeri Arjasa Jember
yang berlokasikan di Jl. Sultan Agung No.64, Krajan, Arjasa, Kabupaten Jember,
Jawa Timur, Indonesia. Objek penelitian pada penelitian ini ialah hasil belajar
siswa kelas XI IPS mengenai pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching
and Learning (CTL) berbantuan media audio visual.
Populasi yang dipakai yakni siswa kelas XI IPS SMA Negeri Arjasa Jember
semester gasal tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 103 siswa, dikelompokkan dalam
tiga kelas dan siswa dalam satu kelas tersebut dibagi menjadi antara 34-35 siswa.
Proses penentuan sampel memakai teknik sampling purposive. Kelas yang
digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Sampel dipilih
dikarenakan keduanya mempunyai karakteristik yang serupa yakni nilai hasil
ulangan harian yang dibawah KKM. Metode pengumpulan data pada penelitian
ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dokumen, dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang
menggunakan uji Independent Sample T Test yakni dengan signifikansi 0,012 <
0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan. Hasil belajar kelas eksperimen
mengalami perubahan yaitu pada pretest mendapatkan rata-rata 76,18 dan pada
posttest 81,47, sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar siswa mengalami
perubahan yaitu pada pretest mendapatkan rata-rata 78,53 dan pada posttest 79,41.
Ketuntasan siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami perubahan pada
kelas eksperimen siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak sebanyak
14 siswa (41,17%) yang tuntas pada hasil pretest dan sebanyak 24 siswa (70,59%)
yang tuntas pada hasil posttset, sedangkan pada kelas kontrol tidak ada perubahan
siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 19 siswa (55,89%)
yang tuntas pada hasil pretest dan sebanyak 19 siswa (55,89%) yang tuntas pada
hasil posttest.
Berdasarkan analisis di atas, telah terbukti bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
berbantuan media audio visual dan model pembelajaran konvensional dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA
Negeri Arjasa Jember. Hal yang menyebabkan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) berbantuan media audio visual memiliki hasil
rerata peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional diakrenakan model pembelajaran tersebut lebih memberikan
pelajaran yang berarti pada siswa dimana siswa dapat menghubungkan materi
akademik dengan kehidupan nyata.