• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-modul Ipa Berbasis (Sets Science Environment Technology and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Tugas Akhir Repository_Mahla Noer Rozqiyah Syam.pdf (2.777Mb)
    Date
    2022-07-11
    Author
    SYAM, Mahla Noer Rozqiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan E-Modul IPA Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik SMP; Mahla Noer Rozqiyah Syam; 180210104094; 49 halaman; Program Studi Pendidikan IPA; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran IPA didasari pengalaman secara langsung sesuai dengan kompetensi ilmiah diperoleh dengan menjelajahi dan memahami alam sekitar, tujuannya untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis dalam menyelesaikan permasalahan fenomena alam untuk meningkatkan keterampilan dan sikap. Melalui kemampuan problem solving, peserta didik dituntut untuk kreatif dalam menemukan solusi dari permasalahan. Penyebab rendahnya kemampuan problem solving dikarenakan penyampaian pembelajaran IPA masih terpusat pada guru yang menimbulkan kebosanan dan semangat belajar menurun serta bahan ajar yang digunakan belum melatih kemampuan problem solving. Solusi yang dapat ditawarkan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan e-modul IPA berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society). E modul IPA berbasis SETS membantu peserta didik dalam mempelajari materi pemanasan global kelas VII SMP semester genap karena dapat memperjelas permasalahan lingkungan secara lengkap dan konkret sehingga menambah pemahaman dan sikap dalam mengatasi permasalahan. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan e-modul IPA berbasis SETS dapat meningkatkan kemampuan problem solving dikarenakan peserta didik dilatih untuk memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencan, dan mengecek kembali. Berdasarkan uraian diatas, peningkatan kemampuan problem solving peserta didik SMP diperlukan pengembangan e-modul IPA berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi pemanasan global. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul IPA berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi pemanasan global dalam meningkatkan ix kemampuan problem solving peserta didik SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analyze, design, development, implementation, and evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis data validasi dengan instrumen lembar validasi untuk menentukan kevalidan produk, teknik analisis data kepraktisan dengan instrumen lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas belajar peserta didik, teknik analisis data efektivitas dengan tes kemampuan problem solving berupa pretest dan posttest untuk mengetahui efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan problem solving yang diukur dengan menggunakan N-gain, serta teknik analisis data efektivitas dengan angket respon peserta didik berupa instrumen tanggapan dan reaksi peserta didik setelah menggunakan e-modul IPA berbasis SETS. Hasil validasi e-modul IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global dengan menggunakan instrumen lembar validasi memuat empat aspek penilaian mendapat persentase rata-rata sebesar 92,25% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan e-modul IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global dengan menggunakan instrumen lembar observasi mendapat persentase rata-rata dari empat pertemuan sebesar 89,32% dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas e-modul IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global dengan menggunakan N-gain pretest dan posttest kemampuan problem solving sebesar 0,58 dengan kriteria sedang, artinya efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving. Efektivitas e-modul IPA berbasis SETS juga ditentukan dari angket respon peserta didik memuat lima aspek penilaian mendapat persentase sebesar 97,80% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan perolehan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e modul IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMP menunjukkan hasil dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan dapat digunkaan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan problem solving
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113532
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15309]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository