Pengaruh E-WOM dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Erigo dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh variabel electronic word of mouth, kualitas produk terhadap
keputusan pembelian pada produk Erigo melalui variabel brand awareness sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Jember
angkatan 2018-2020 dan didapat 124 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan metode asosiasi hubungan kausal (sebab akibat). Hasil dari penelitian ini adalah electronic
word of mouth dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness.
Kemudia electronic word of mouth dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, electronic word of mouth dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness.Penelitian ini menunjukan bahwa pentingnya peran E-WOM dalam
meningkatkan brand awareness terhadap suatu produk, semakin baik E-WOM
maka akan semakin meningkat pula daya ingat konsumen akan kesadaran suatu
merek yang memiliki ciri khas masing masing. Penelitian ini membuktikan bahwa
pentingnya kualitas produk dalam meningkatkan brand awareness terhadap suatu
produk, semakin baik dan bagus kualitas akan suatu produk tersebut maka akan
semakin meningkatnya brand awareness terhadap brand Erigo.
Penelitian ini membuktikan bahwa variabel E-WOM, kualitas produk dan
brand awareness memiliki pengaruh dalam mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen. Erigo harus benar benar memperhatikan E-WOM dan kualitas
produknya agar menarik intensitas pembeli dan memilih kualitas sesuai target pasar
yang akan dituju. Brand awareness sebagai variabel mediasi di dalam penelitian ini
memiliki peran yang penting dalam memediasi variabel E-WOM dan kualitas
produk, berdasarkan hal tersebut Erigo harus meningkatkan brand awareness
melalui peningkatan kualitas produk yang bagus dan penggunaan E-WOM yang
baik.