Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI Group Investigation-Guided Inquiry pada Materi Suhu dan Perubahannya terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yang
membahas tentang teori-teori yang meliputi materi, konsep, reaksi bahan,
makhluk hidup dan semua yang ada di alam semesta. Hasil belajar siswa masih
tergolong rendah atau kurang memuaskan, sebab siswa hanya mendengarkan apa
yang disampaikan oleh guru dan juga membutuhkan penguasaan dalam
memahami materi. Sehingga proses pembelajaran IPA harus mengarah pada
siswa agar tidak pasif ketika proses belajar. Terwujudnya suatu pembelajaran
IPA dapat diukur melalui keterampilan, salah satunya yakni keterampilan
pemecahan masalah yang masih dalam kategori rendah. Rendahnya keterampilan
pemecahan masalah dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya berasal dari
dalam diri siswa itu sendiri yakni merasa sulit mencerna materi IPA dan perlu
banyak menghafal. Salah satu solusi yang dapat digunakan yakni dengan adanya
model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) yang
memungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pemecahan
masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni (1) untuk mengkaji pengaruh
model pembelajaran GI-GI pada materi suhu dan perubahannya terhadap hasil
belajar siswa SMP dan (2) untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran GI-GI
pada materi suhu dan perubahannya terhadap keterampilan pemecahan masalah
siswa SMP.