Hubungan Kualitas Produk Kualitas Layanan Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Mie pada Restoran Mie Sakera
Abstract
Mie Sakera merupakan salah satu usaha dibidang kuliner mie pedas di
Jember. Mie pedas di Jember saat ini menjadi trend makanan yang banyak disukai
oleh semua kalangan masyarakat pencinta pedas. Restoren Mie Sakera menjual
produk asli Jember tanpa franchise sehingga banyak restoran mie pedas lainnya
yang dapat menjadi pesaing. Restoran mie pedas tersebut menjadi pesaing Restoran
Mie Sakera. Restoran mie pedas yang franchise memiliki reputasi yang baik dan
produknya banyak dikenal oleh masyarakat. Restoran mie pedas yang melakukan
franchise memiliki banyak konsumen sehingga Restoran Mie Sakera menjadi kalah
saing dengan produk yang dijual oleh Restoran mie pedas lainnya. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui karakteristik konsumen Mie Sakera di
Kabupaten Jember, (2) Untuk mengetahui korelasi kualitas produk, kualitas
layanan, harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian Mie Sakera di
Kabupaten Jember.
Penelitian dilakukan pada saat bulan Juli 2021 dengan mendatangi langsung
Restoran Mie Sakera. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan cara
Purposive Method yaitu di Restoran Mie Sakeran Jember dengan pertimbangan
bahwa Mie Sakera merupakan produk mie asli Jember dan bukan restoran yang
melakukan franchise dengan perusahaan lain. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode dekriptif analitik. Teknik pengambilan contoh dengan menggunakan
Accidental sampling dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 85
responden, syarat responden yang digunakan sebagai sampel adalah responden
dengan umur diatas 17 tahun dan pernah mengkonsumsi Mie Sakera lebih dari 2
kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan
adalah dengan menggunakan analis diskriptif, dan korelasi Rank Spearman.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4363]