Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Software Liveworksheets pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungn Tempat Tinggalku untuk Kelas IV SDN Sempusari 01 Jember
Abstract
Berkembangnya teknologi dalam bidang pendidikan menuntut proses
pembelajaran di sekolah memadukan pembelajaran konvensional dan berbasis
teknologi. Permasalahan yang ditemukan pada tempat penelitian salah satunya
belum dimaksimalkannya fasilitas seperti LCD proyektor untuk proses
pembelajaran berbasis teknologi. Hal itu kiranya perlu adanya pengembangan,
khususnya LKPD menjadi lebih interaktif. Salah satu situs online gratis yang
dapat digunakan untuk menyusun LKPD interaktif adalah software
liveworksheets. Melalui software liveworksheets ini, guru dapat menyajikan teks,
vidio, gambar, audio, tipe tugas yang bervariasi, serta skor hasil dari pekerjaan
tugas dapat langsung dilihat.
Penelitian ini difokuskan pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 di
kelas IV SD yang memuat KD bahasa Indonesia, PPKn, dan IPS. Alasannya,
karena materinya banyak yang harus dibaca dan dihafal, sehingga dirasa
membosankan dan kurang menarik terlebih jika tidak ada pembaharuan di
dalamnya. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimanakah proses
pengembangannya; dan (2) bagaimanakah kevalidan serta keefektifan
pengembangan LKPD interaktif berbasis software liveworksheets pada tema 8
subtema 1.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg
and Gall yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) penelitian pendahuluan;
(2) perencanaan dan pengembangan; (3) pengembangan desain produk awal; (4)
validasi desain produk; (5) revisi produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi
produk pengembangan; (8) uji coba keefektifan produk Validitas LKPD interaktif berbasis software liveworksheets telah
dilakukan oleh ketiga validator ahli, adapun skor rerata yang diperoleh dari ketiga
validator yaitu sebesar 89 masuk kategori sangat layak. Keefektifan LKPD
interaktif berbasis software liveworksheets yang pertama ditinjau dari pencapaian
hasil belajar melalui post-test diketahui sebanyak 23 peserta didik dinyatakan
tuntas dengan persentase sebesar 82,14%, sedangkan 5 peserta didik dinyatakan
tidak tuntas dengan persentase sebesar 17,86%. Nilai persentase hasil belajar
tersebut masuk kategori sangat efektif. Keefektifan produk yang kedua ditinjau
dari respon peserta didik. Berdasarkan data analisis respon peserta didik, diketahui
bahwa peserta didik yang menjawab “Ya” menunjukkan skor rata-rata sebesar
93,22%, sedangkan peserta didik yang menjawab “Tidak” menunjukkan skor ratarata sebesar 6,78%. Persentase skor rata-rata tersebut masuk kategori sangat
positif. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD interaktif berbasis software
liveworksheets selain valid dan layak, namun juga memiliki tingkat keefektifan
yang baik sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan pengembangan dan penelitian yang telah dilakukan, maka
saran yang dapat dituliskan yaitu sebagai berikut: (1) bagi peserta didik, karena
pembelajaran menggunakan LKPD interaktif berbasis software liveworksheets
merupakan hal baru, maka disarankan untuk belajar lebih baik lagi agar mencapai
hasil pembelajaran yang memuaskan; (2) bagi guru, disarankan untuk melakukan
pengembangan bahan ajar dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang telah
tersedia dengan materi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
di SD; dan (3) bagi peneliti lain, mengingat hasil dari penggunaan LKPD
interaktif berbasis software liveworksheets dapat menciptakan pembelajaran yang
cukup efektif, maka disarankan LKPD ini dapat digunakan secara lebih luas tidak
hanya pada sekolah tempat penelitian saja.