dc.contributor.author | PERMATASARI, Denny Dwi | |
dc.date.accessioned | 2023-03-16T03:22:07Z | |
dc.date.available | 2023-03-16T03:22:07Z | |
dc.date.issued | 2022-08-04 | |
dc.identifier.nim | 180210204144 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112938 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember. Judul penelitian ini yaitu Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Menulis Tegak Bersambung Pada Tema 6 Kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam menulis tegak bersambung masih terdapat kesalahan berbahasa siswa yaitu penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung.
Jenis rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri atas: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember yang berjumlah 19 siswa, 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan terdiri atas: Kesalahan penggunaan huruf kapital pada kemampuan menulis tegak bersambung termasuk kategori rendah dengan persentase 19,84%. Kesalahan penggunaan tanda baca pada kemampuan menulis tegak bersambung termasuk kategori rendah dengan persentase 25,26%. Kesalahan penulisan bentuk huruf pada kemampuan menulis tegak bersambung termasuk kategori sangat rendah dengan persentase 5,16%. Faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung yaitu kesalahan (errors) dan kekeliruan (mistake). Kesimpulan penelitian ini yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung tulisan tegak bersambung siswa secara keseluruhan masih rendah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | kesalahan | en_US |
dc.subject | huruf kapital | en_US |
dc.subject | tanda baca | en_US |
dc.subject | tegak bersambung | en_US |
dc.title | Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Menulis Tegak Bersambung pada Tema 6 Kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.nidn | 19580522 198503 1 011 | en_US |
dc.identifier.nidk | 760017093 | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Hari Satrijono, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fitria Kurniasih, S.TP., MA. | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi Tanggal 16 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |