• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Menulis Tegak Bersambung pada Tema 6 Kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.748Mb)
    Date
    2022-08-04
    Author
    PERMATASARI, Denny Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember. Judul penelitian ini yaitu Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Menulis Tegak Bersambung Pada Tema 6 Kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam menulis tegak bersambung masih terdapat kesalahan berbahasa siswa yaitu penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung. Jenis rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri atas: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas II SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember yang berjumlah 19 siswa, 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan terdiri atas: Kesalahan penggunaan huruf kapital pada kemampuan menulis tegak bersambung termasuk kategori rendah dengan persentase 19,84%. Kesalahan penggunaan tanda baca pada kemampuan menulis tegak bersambung termasuk kategori rendah dengan persentase 25,26%. Kesalahan penulisan bentuk huruf pada kemampuan menulis tegak bersambung termasuk kategori sangat rendah dengan persentase 5,16%. Faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung yaitu kesalahan (errors) dan kekeliruan (mistake). Kesimpulan penelitian ini yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan huruf tegak bersambung tulisan tegak bersambung siswa secara keseluruhan masih rendah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112938
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository