Model Strategic Marketing Plan Desa Wisata di Bondowoso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kondisi desa 
wisata yang ada di Kabupaten Bondowoso, mengeksplorasi bagaimana kebijakan 
pemerintahan terkait pengelolaan dan pengembangan desa wisata di Kabupaten 
Bondowoso serta merumuskan model strategic marketing plan dari desa wisata di 
Kabupaten Bondowoso. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan 
studi kasus (case study) dengan cara mengeksplorasi sebuah kondisi yaitu desa 
wisata di wilayah Kabupaten Bondowoso secara mendetail, disertai dengan 
penggalian data dari informan yang memahami situasi tersebut. Metode analisis 
data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data (data collection), reduksi 
data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclusions).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukan bentuk koordinasi dan 
komitmen antar masing-masing pihak untuk selaras, seiring dalam 
mengoptimalisasikan potensi desa wisata, serta pemilihan strategic marketing 
plan prioritas menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix 
(QSPM) didapatkan rekomendasi alternatif strategi yaitu memaksimalkan 
program promosi melalui based on digital dengan melibatkan aplikasi bisnis 
wisata.
Collections
- MT-Management [555]
