Model Strategic Marketing Plan Desa Wisata di Bondowoso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kondisi desa
wisata yang ada di Kabupaten Bondowoso, mengeksplorasi bagaimana kebijakan
pemerintahan terkait pengelolaan dan pengembangan desa wisata di Kabupaten
Bondowoso serta merumuskan model strategic marketing plan dari desa wisata di
Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi kasus (case study) dengan cara mengeksplorasi sebuah kondisi yaitu desa
wisata di wilayah Kabupaten Bondowoso secara mendetail, disertai dengan
penggalian data dari informan yang memahami situasi tersebut. Metode analisis
data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data (data collection), reduksi
data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclusions).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukan bentuk koordinasi dan
komitmen antar masing-masing pihak untuk selaras, seiring dalam
mengoptimalisasikan potensi desa wisata, serta pemilihan strategic marketing
plan prioritas menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix
(QSPM) didapatkan rekomendasi alternatif strategi yaitu memaksimalkan
program promosi melalui based on digital dengan melibatkan aplikasi bisnis
wisata.
Collections
- MT-Management [538]