Show simple item record

dc.contributor.authorMunirul Firma Wati
dc.date.accessioned2013-12-20T07:04:32Z
dc.date.available2013-12-20T07:04:32Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM060210101225
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11290
dc.description.abstractPenerapan assesment portofolio pada model problem based instruction (PBI) merupakan pembelajaran yang menggunakan LKS, PR, kuis dan tes akhir sebagai alat penilaian pada model pembelajaran problem based instruction. Berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi matematika SMPN 2 Tanggul kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika sangat rendah terutama untuk kelas VII yang belum terbiasa dengan soal cerita matematika serta sistem penilaian yang digunakan hanya dari tugas dan tes akhir, maka dalam penelitian ini diterapkan assesment portofolio dengan model PBI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan assesment portofolio pada PBI, mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah, dan ketuntasan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII–A SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan pemberian tugas. Adapun assesment portofolio yang digunakan berupa LKS, PR, kuis dan tes, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa serta kemampuan pemecahan masalah siswa. Kegiatan pengambilan data dimulai pada tanggal 27 Oktober 2010 sampai selesai. Penerapan assesment portofolio pada pembelajaran model problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung bentuk aljabar siswa kelas VII SMPN 2 Tanggul dapat terlaksana dengan lancar. Penerapan assesment portofolio pada pembelajaran model PBI mendapat respon baik dari guru bidang studi dan siswa. Siswa senang dapat belajar dengan kelompoknya dalam menyelesaikan permasalahan serta dapat mengevaluasi jawaban kelompok lain, siswa juga senang ketika guru menjelaskan materi yang dikaitkan dengan kehidupan nyata. Hasil analisa data diperoleh kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah meningkat dari 66,5% ke 82,5%. Siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari jumlah siswa yang tergolong sangat aktif mengalami peningkatan dan jumlah siswa yang tergolong aktif mengalami penurunan. Dengan menerapkan assesment portofolio (pemberian LKS, PR, kuis dan tes akhir) sebagai alat penilaian, guru dapat mengetahui kemampuan yang dicapai oleh siswa dari berbagai alat evaluasi. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari siklus I sebesar 68% hingga siklus II sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa assesment portofolio pada model problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika serta dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101225;
dc.subjectASSESMENT PORTOFOLIO, OPERASI HITUNG BENTUK ALJABARen_US
dc.titlePENERAPAN ASSESMENT PORTOFOLIO PADA MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record