• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Revi Ristiani_Skripsi.pdf (1.958Mb)
    Date
    2022-08-04
    Author
    RISTIANI, Revi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam pelaksanaan pembelajaran memerlukan langkah-langkah ilmiah dalam pemahaman sebuah konsep. Salah satu materi IPA dalam jenjang sekolah menengah pertama yaitu materi zat aditif dan zat adiktif. Materi ini membutuhkan kemampuan pemecahan masalah dalam penerapannya. Strategi pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum memfasilitasi siswa untuk melatih kemampuan berpikir kritis, hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa menjadi rendah yang dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu solusi yang dapat diberikan berdasarkan permaslahan tersebut yakni dengan menerapkan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning melatih siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya untuk memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP pada pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pujer pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yakni diperoleh sampel kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data ada dua yakni teknik utama dan pendukung. Teknik utama pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa 5 soal auraian dan hasil belajar siswa berupa 10 soal pilihan ganda. ur dengan pretest dan postest. Non tes digunakan untuk menilai keterampilan siswa yang dinilai menggunakan poster. Adapun teknik pendukung dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan dengan syarat data terdistribusi normal Hasil uji Independent Sample T-Test dari data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (Sig < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Hasil uji t-pihak kanan juga menunjukkan bahwasanya thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP pada materi zat aditif dan zat adiktif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112876
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository