Konsep Impuls dan Momentum dalam Permainan Tradisional Balogo sebagai E-suplemen Bahan Ajar Fisika Berbasis Flipbook
Abstract
Konsep Impuls dan Momentum dalam Permainan Tradisional Balogo sebagai
E-Suplemen Bahan Ajar Fisika Berbasis Flipbook; Afifah Khansa Nadhiroh,
180210102049; 2022; 93 halaman; Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan
Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Kearifan lokal bersandar pada etika, cara- cara, nilai-nilai dan perilaku secara
tradisional di suatu kebudayaan masyarakat. Mengingat arus globalisasi yang
semakin deras, maka eksistensi kearifan lokal perlu dipertahankan dan dilestarikan.
Salah satu warisan kebudayaan Kalimantan yang sempat tergerus dan menghilang di
kalangan anak usia dini adalah Permainan Tradisional Balogo. Upaya melestarikan
permainan tradisional ini dengan mengimplementasikan ke dalam pembelajaran
fisika. Apabila ditelaah lebih lanjut pembelajaran dengan menginterasikan proses
sains asli (budaya) ke dalam sains fisika dapat menciptakan suasana belajar yang
lebih bermakna, sehingga mendekatkan peserta didik terhadap peristiwa-peristiwa di
lingkungan sekitar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep impuls dan momentum
dalam permainan tradisional Balogo; merancang e-suplemen bahan ajar fisika
berbasis flipbook dalam permainan tradisional Balogo; mendeskripsikan validitas esuplemen bahan ajar fisika berbasis flipbook dalam permainan tradisional Balogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
etnografi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi,
wawancara dan studi kepustakaan. Pengumpulan data observasi dilakukan secara
langsung dalam mengamati dan menganalisis konsep fisika dalam permainan
tradisional Balogo bersama 2 mahasiswa sebagai pemain Balogo. Pengumpulan data
wawancara dilakukan secara tidak langsung dengan 4 narasumber diantaranya 3
pemain Balogo asli suku Banjar dan 1 pengrajin Balogo yang berada di Jalan Teluk
Tiram Darat GG. Pendamai, Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat.
viii
Pengambilan data dokumentasi dilakukan selama proses observasi dilakukan.
Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu (1) mereduksi data; (2)
menyajikan data ke dalam teks naratif; (3) menarik kesimpulan dan validasi bahan
ajar.
Hasil observasi menunjukkan bahwa permainan tradisional Balogo memuat
konsep fisika yaitu impuls, momentum, dan tumbukan. Konsep impuls dalam
permainan Balogo dapat dilihat pada posisi awal pemain ketika memukul campa ke
logo pembidik (A) yang membutuhkan usaha dalam mendorong campa dengan gaya
⃗ yang bergerak horizontal. Konsep momentum dalam permainan Balogo dapat
dilihat pada pergerakan logo pembidik (A) dan anak logo (B) ketika bergerak
meluncur. Massa logo sangat mempengaruhi jarak tempuh dan kecepatan ⃗
logo ketika bergerak. Konsep tumbukan terlihat pada logo pembidik (A) yang tepat
sasaran menuju anak logo (B) sehingga terjadi tumbukan lenting sentral dan tidak
sentral.
Hasil penelitian disusun menjadi e-suplemen bahan ajar berbasis flipbook
yang digunakan sebagai buku pegangan dalam pembelajaran fisika yang dilengkapi
contoh soal dan latihan soal. E-suplemen bahan ajar akan dilakukan uji validasi untuk
mengetahui kelayakan buku oleh ahli materi,ahli media, dan guru SMA sebagai
pengguna. Berdasarkan hasil uji validasi kelayakan e-suplemen bahan ajar dapat
diketahui bahwa nilai validasi oleh ahli materi sebesar 89,29, ahli media sebesar
91,05 dan nilai validasi oleh guru sebagai sebesar 92,19 dengan kategori sangat layak.
E-suplemen bahan ajar berbasis flipbook yang memuat “Konsep impuls dan
momentum dalam permainan tradisional Balogo” memiliki substansi yaitu
pendahuluan, kompetensi inti dan kompetensi dasar (KD) yang disesuaikan dengan
kurikulum 2013 pada Permendikbud No.24 Tahun 2016. Hasil uji validasi dari esuplemen bahan ajar berbasis flipbook didapatkan sebesar 90,84 yang artinya esuplemen bahan ajar berbasis flipbook dapat direkomendasikan dan layak untuk
digunakan sebagai bahan ajar fisika di sekolah.