dc.contributor.author | WIRANI, Anggun | |
dc.date.accessioned | 2023-03-15T01:41:52Z | |
dc.date.available | 2023-03-15T01:41:52Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.nim | 180210205032 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112794 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Maret 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Motorik kasar adalah kemampuan dalam melakukan suatu gerakan yang dimiliki
seorang anak yang membutuhkan koordinasi sebagian besar dari bagian tubuh dan otototot besar seperti gerakan melempar, menendang, berlari, melompat, naik turun tangga,
dan sebagainya. Kegiatan tersebut dapat membuat anak menjadi aktif dalam melakukan
gerakan sehingga membuat motorik kasar anak dapat berkembang dengan baik. Salah
satu cara yang dapat menstimulus perkembangan motorik kasar anak adalah dengan
mengajak anak bermaian. Melalui kegiatan bermaian tersebut anak anak akan dilatih
keseimbangan tubuhnya, kekuatan tubuhnya, kelincahannya dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan bahwasanya di TK HN Putra
Darul Hikmah Kecamatan Sukowono Kabuaten Jember dengan usia anak 5-6 tahun,
didapat kurangnya stimulasi yang diberikan yang mengakibatkan kemampuan
perkembangan motorik kasar anak kurang. Hal ini dilihat dari kurangnya gerakan
motorik kasar pada aktifitas yang dilakukan siswa, dimana peneliti melihat kurang aktif
atau berkembangnya motorik siswa seperti kegiatan melompat, berlari, melempar dan
mengontrol keseimbangan tubuhnya. Perkembangan motorik kasar siswa masih rendah
hal ini diakibatkan ketika siswa kelas B tersebut masih duduk di kelas A tidak dapat
menerima pembelajaran motorik kasar secara langsung dikarenakan sekolah yang
dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan) selama satu semester lebih hal ini
berakibat pada siswa ketika memasuki kelas B yang pada saat ini sudah mulai
melakukan pembelajaran secara tatap muka atau langsung perkembangan motorik
kasarnya masih rendah selain itu pada saat proses pembelajaran berlangsung pendidik
terlalu berpacu pada pemberian tugas yang menggunakan lembar kerja anak. Cara untuk
mengatasi masalah tersebutadalah dengan mengajak anak bermain, seperti permainan
permainan tradisional salah satunya permainan tradisional boy-boyyan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh
permainan boy-boyyan terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK
HN (Haji Nahrawi) Putra Darul Hikmah Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?”
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental. Jenis eksperimen pada
penelitian ini penggunakan pola eksperimen semu (quasi eksperimental design). Desain
atau pola penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rancangan
non-equivalent control group. penelitian ini dilakukan di TH HN (Haji Nahrawi) Putra
Darul Hikmah Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data
penelitian ini menggunakan metode bservasi dan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan SPSS versi 16.0 dengan rumus Indepandent Sample T-test dalam
menghitung hasil uji t. Berdasarkan hasil uji t-tes yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
thitung > ttabel yaitu 3,356 > 2,002. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa hipotesis nihil
(H0) ditolak dan hopotesis alternative (Ha) diterima yang artinya ada pengaruh permainan
tradisional boy-boyyan terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK HN
(Haji Nahrawi) Putra Darul Hikmah Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.
Saran yang disampaikan dalam penelitian ini, hendaknya guru menggunakan
permainan tradisional boy-boyyan sebagai alternatif untuk meningkatkan perkembangan
motorik kasar anak. Bagi lembaga sekolah, hendaknya memperhatikan penyediaan sarana
bermain, sehingga pembelajaran dalam upaya melatih kemampuan motorik kasar pada anak
dapat terfasilitasi dengan baik serta kegiatan bermain juga menjadi lebih bervariatif dengan
adanya sarana bermain yang memadai dan lembaga sekolah dapat meningkatkan model
pembelajaran yang bervariasi agar anak tidak mudah bosar dengan pembelajaran yang
diberikan | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing 2 : Indah Rohmatuz Zahro., S.Pd.I., M.Pd.I. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYYAN | en_US |
dc.subject | PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK | en_US |
dc.subject | TK HN (Haji Nahrawi) PUTRA DARUL HIKMAH | en_US |
dc.title | Pengaruh Permainan Tradisional Boy-Boyyan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK HN (Haji Nahrawi) Putra Darul Hikmah Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd.,M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I.,M.Pd.I. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-9 Februari 2023 | en_US |