Show simple item record

dc.contributor.authorHILMI, Muhammad Irfan
dc.contributor.authorARIEFIANTO, Lutfi
dc.contributor.authorPURNAMAWATI, Frimha
dc.contributor.authorINDRIANTI, Deditiani Tri
dc.contributor.authorFAJARWATI, Linda
dc.date.accessioned2023-03-09T07:19:13Z
dc.date.available2023-03-09T07:19:13Z
dc.date.issued2021-12-17
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112629
dc.description.abstractPrinsip program pemberdayaan masyarakat meliputi tiga hal yaitu dari, untuk dan oleh masyarakat. Masyarakat pesisir memiliki nilai-nilai luhur yang dipegang dan diwariskan dalam bentuk pembelajaran tradisional. Kegiatan pemberdayaan masyarakat memerlukan semacam desain ulang dengan pendekatan pembelajaran asli untuk lebih memastikan partisipasi masyarakat dengan kearifan lokal yang menyertainya. Kegiatan penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pola pembelajaran asli (indigenous learning) masyarakat yang tumbuh dari pengalaman masyarakat dalam adaptasi terhadap perubahan iklim di Wilayah Pesisir Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengkaji objekobjek yang menggambarkan bagaimana pembelajaran asli masyarakat pesisir dalam menghadapi perubahan iklim di kawasan Pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran asli (indigenous learning) masyarakat pesisir dilakukan melalui tahapan pembelajaran berdasarkan pengalaman masyarakat pesisir yang kemudian direfleksikan sehingga menjadi sebuah konsepsi kegiatan adaptasi perubahan iklim yang dilakukan secara partisipatif terhadap vegetasi dan pengelolaan sampah di Wilayah Pesisir Payangan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectModel Indigenous Learningen_US
dc.titleModel Indigenous Learning Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record