Model Indigenous Learning Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Kabupaten Jember
Date
2021-12-17Author
HILMI, Muhammad Irfan
ARIEFIANTO, Lutfi
PURNAMAWATI, Frimha
INDRIANTI, Deditiani Tri
FAJARWATI, Linda
Metadata
Show full item recordAbstract
Prinsip program pemberdayaan masyarakat meliputi tiga hal yaitu dari, untuk dan
oleh masyarakat. Masyarakat pesisir memiliki nilai-nilai luhur yang dipegang dan
diwariskan dalam bentuk pembelajaran tradisional. Kegiatan pemberdayaan masyarakat
memerlukan semacam desain ulang dengan pendekatan pembelajaran asli untuk lebih
memastikan partisipasi masyarakat dengan kearifan lokal yang menyertainya. Kegiatan
penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pola pembelajaran asli
(indigenous learning) masyarakat yang tumbuh dari pengalaman masyarakat dalam
adaptasi terhadap perubahan iklim di Wilayah Pesisir Jember. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengkaji objekobjek yang menggambarkan bagaimana pembelajaran asli masyarakat pesisir dalam
menghadapi perubahan iklim di kawasan Pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran asli (indigenous learning) masyarakat pesisir dilakukan melalui tahapan
pembelajaran berdasarkan pengalaman masyarakat pesisir yang kemudian direfleksikan
sehingga menjadi sebuah konsepsi kegiatan adaptasi perubahan iklim yang dilakukan
secara partisipatif terhadap vegetasi dan pengelolaan sampah di Wilayah Pesisir
Payangan.
Collections
- LSP-The Research [166]