Self E-commerce Platform Advertisment Sebagai Pemoderasi Pengaruh Trust dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Buah Durian Secara Online
Abstract
Pada zaman modern seperti saat ini, kehidupan manusia sangat bergantung
pada teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu fenomena yang
menarik dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah kehadiran
internet sebagai media baru yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
masyarakat modern saat ini. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih
seperti sekarang ini, membuat pelaku UMKM jadi mudah untuk melakukan
transaksi jual beli secara online.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan meneliti pengaruh Trust dan
Perceived Risk terhadap keputusan pembelian konsumen di dalam membeli buah
durian secara online, yang dimoderasi oleh SEPAd. Penelitian ini dilaksanakan
pada platform Durian Traveler. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
dengan cara pendistribusian kuesioner. Jenis data dalam penelitian ini adalah data
kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability
sampling melalui pendekatan purposive sampling dengan pertimbangan dalam
penelitian ini responden pada Durian Traveler yang telah melakukan transaksi
pembelian buah durian secara online pada tahun 2020-2021 dan responden
minimal melakukan pembelian ulang sebanyak 2 kali. Alat analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM)
dengan Analysis of Moment Structures (AMOS).
Hasil penelitian menunjukkan Trust berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian, Perceived risk tidak berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, SEPAd yang memoderasi Trust terhadap keputusan pembelian
berpengaruh signifikan, SEPAd yang memoderasi Perceived Risk terhadap
keputusan pembelian tidak berpengaruh singnifikan.
Collections
- MT-Management [538]