• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas III SDN Balungkidul 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ReSKRIPSI_ Merliana Tri R_ 180210204113.pdf (3.003Mb)
    Date
    2022-07-14
    Author
    RAMADANNY, Merliana Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang kesalahan-kesalahan penggunaan kalimat efektif yang dilakukan peserta didik kelas III dalam menulis karangan deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam karangan deskripsi peserta didik serta mengetahui faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan menganalisis hasil karangan deskripsi peserta didik kelas III SDN Balungkidul 02 Jember dan melakukan penghitungan persentase menggunakan statistik deskriptif untuk analisis kesalahan tiap komponen penggunaan kalimat efektif. Wawancara dilaksanakan pada guru kelas dan peserta didik untuk memperkuat data dan memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kalimat efektif meliputi kesalahan pemilihan diksi sebesar 6,84% termasuk kategori sangat rendah, kesalahan logika bahasa sebesar 17,88% kategori rendah, kesalahan kecermatan sebesar 27,93% termasuk kategori rendah, dan kesalahan ejaan penulisan sebesar 25,71% termasuk kategori rendah. Faktor yang mempengaruhi kesalahan penggunaan kalimat efektif yakni: 1) faktor kompetensi berkaitan dengan kemampuan atau keterampilan peserta didik dalam menuliskan ide, gagasan serta pemahaman tentang kaidah penulisan bahasa; dan 2) faktor performansi berupa sikap ketelitian dan kehati-hatian peserta didik dalam menulis karangan deskripsi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112454
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository