Minat Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi dengan Media Benda Inspiratif
Abstract
Minat merupakan suatu ketertarikan, perhatian, atau rasa suka yang tinggi
terhadap sesuatu yang diikuti perasaan senang. Minat dapat diungkapkan melalui
pernyataan yang menunjukkan bahwa siswa menyukai suatu hal daripada hal
lainnya, dapat pula ditunjukkan melalui partisipasi dalam suatu kegiatan atau
aktivitas. Tingkah laku siswa ketika mengikuti pembelajaran dapat menunjukkan
ketertarikan siswa terhadap pembelajaran atau sebaliknya, siswa merasa tidak
tertarik dengan pembelajaran tersebut. Kegiatan yang diminati seseorang akan
diperhatikan secara terus menerus yang disertai rasa senang.
Penelitian ini ingin mengetahui minat siswa menulis puisi dengan media
benda inspiratif. Minat menulis puisi siswa penting untuk diteliti karena dengan
mengetahui minat siswa menulis puisi dapat dijadikan masukan dalam
pembelajaran menulis puisi. Selain itu, juga dapat dijadikan referensi guru untuk
mengajar pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media yang lebih
menarik minat siswa karena sebelumnya di SMP Negeri 1 Bangorejo dalam menulis
puisi hanya menggunakan buku ajar dan pemberian contoh-contoh puisi, belum
pernah menggunakan media pembelajaran seperti media benda inspiratif.
Berdasarkan uraian tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)
perasaan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi menulis puisi
dengan menggunakan media benda inspiratif, 2) ketertarikan siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi menulis puisi dengan menggunakan media benda
inspiratif, 3) perhatian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi
menulis puisi dengan menggunakan media benda inspiratif, 4) keterlibatan siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi menulis puisi dengan
menggunakan media benda inspiratif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan
kuantitatif. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, dan angka. Sumber data
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B tahun ajaran 2022/2023
yang mengikuti kegiatan menulis puisi dengan media benda inspiratif dan guru
mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII A dan kelas VIII B.
Dalam menentukan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data terdiri dari 5 proses yaitu
menyunting, pengumpulan data, penskoran, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa kelas kelas VIII SMP
Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi dalam menulis puisi dengan media benda
inspiratif masuk dalam kriteria tinggi. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil
persentase dari masing-masing indikator minat yang menghasilkan rerata sebesar
76,4%. Minat menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi
dengan media benda inspiratif menunjukkan adanya perbedaan pada setiap
indikator. Indikator perasaan memperoleh hasil persentase sebesar 78,3%, indikator
ketertarikan memperoleh hasil persentase sebesar 77,8%, indikator perhatian
memperoleh hasil persentase sebesar 78,5%, dan indikator keterlibatan
memperoleh hasil persentase sebesar 71,0%.
Bedasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran bagi guru bahasa Indonesia
hendaknya menggunakan media pembelajaran yang menarik minat siswa dalam
menulis puisi, agar siswa bersemangat, tidak bosan, dan senang menulis puisi. Bagi
siswa, hasil penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan minat menulis puisi pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dapat
dijadikan bahan pertimbangan dan masukan dalam melakukan penelitian mengenai
minat siswa menulis puisi dengan bahasan yang lebih luas. Peneliti lain dapat
meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa menulis puisi. Selanjutnya,
peneliti lain juga dapat meneliti kemampuan siswa menulis puisi atau pengaruh
minat terhadap kemampuan menulis puisi siswa.