• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA/MA

    Thumbnail
    View/Open
    Wachidah P. Ramadhani_1.pdf (79.18Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Wachidah Putri Ramadhani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam Tujuan penelitian ini adalah: vii menggunakan model problem based instruction disertai teknik mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri Lumajang. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t one tail pihak kanan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisa data yang digunakan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan model problem based instruction disertai teknik mind mapping adalah dengan cara membandingkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kenaikan rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah sebesar 62.2, sedangkan untuk kelas kontrol kenaikan pre-test dan post-test adalah sebesar 48.77. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Analisis data tersebut dikuatkan dengan menggunakan uji t one tail pihak kanan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan model problem based instruction disertai teknik mind mapping diperoleh nilai = 1.911 dan nilai = 1,669 sehingga > , maka hipotesis nihil Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: viii dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X MA Negeri Lumajang tahun ajaran 2011/2012,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11213
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository