Show simple item record

dc.contributor.authorSelvia Ariska Yuswita
dc.date.accessioned2013-12-20T06:22:58Z
dc.date.available2013-12-20T06:22:58Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210102111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11182
dc.description.abstractPermasalahan dalam bidang pendidikan yang sering dibicarakan adalah mengenai rendahnya mutu pendidikan yang tentunya sangat mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia. Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari kualitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Namun saat ini pembelajaran masih bersifat teacher centered. Salah satu bentuk pembelajaran yaitu pembelajaran fisika. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi dalam bentuk prinsip, teori, konsep, dan rumus. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa fisika sampai saat ini menjadi salah satu mata pelajaran yang kurang diminati siswa, ini disebabkan proses pembelajaran satu arah serta identik dengan menghafal teori dan rumus, sehingga siswa sulit untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan mampu menyelesaikan suatu permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan seharihari meliputi melakukan percobaan, kemampuan untuk bertanya, menjawab pertanyaan, mengungkapkan gagasan dalam diskusi kelompok untuk membangun sebuah pemahaman. Dengan demikian, diharapkan aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dan hasil belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap materi juga meningkat. Adapun model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS. Penelitian ini memiliki tujuan yakni : (1) Mengkaji perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMA, (2) Mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS dalam pembelajaran fisika di SMA, (3) Mengkaji efektifitas hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS dalam pembelajaran Fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas siswa untuk menjawab rumusan masalah yang kedua dan menggunakan persentase efektivitas untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai t = 3,60 dan nilai = 1,294 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja hitung diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 72,1% dan dapat dikategorikan baik. Hasil analisis efektifitas penggunaan model PBI terhadap pembelajaran sebesar 54,1% termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS dengan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Jenggawah, (2) aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Jengawah tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS termasuk dalam kategori baik, (3) Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Model PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS pada siswa SMA Negeri 1 Jenggawah termasuk pada kriteria cukup efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102111;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DISERTAI LKS PADA PEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titleENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DISERTAI LKS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record