Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Fatimatuz Zahro
dc.date.accessioned2013-12-20T06:19:37Z
dc.date.available2013-12-20T06:19:37Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210204240
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11176
dc.description.abstractPendidikan dasar mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena pendidikan sekolah dasar merupakan fondasi bagi perkembangan kemampuan siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, baik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), bahkan sampai tingkat Perguruan Tinggi. Pentingnya pelajaran matematika diberikan disemua jenjang sekolah, baik di jenjang pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. Melalui penerapan metode permainan menggunakan kartu bergambar, siswa mendapatkan pengalaman baru tentang cara berhitung matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode permainan menggunakan kartu bergambar dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menelaah penerapan metode permainan menggunakan kartu bergambar dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian kelas III SD Negeri Suci 02, (2) menelaah aktifitas siswa selama mengikuti pembelajaran matematika materi perkalian dengan menggunakn metode permainan, (3) menelaah hasil belajar siswa dengan penerapan metode permainan menggunakan kartu bergambar dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian kelas III SD Negeri Suci 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Suci 02 Panti-Jember kelas III yang terdiri dari 30 orang siswa, dengan 18 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi enam kelompok yang heterogen dengan kemampuan akademik yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Data diambil dari tanggal 20 sampai dengan 25 Oktober 2011 dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Metode permainan adalah cara berhitung yang menggunakan alat bantu berupa kartu soal dan kartu jawaban. Kelebihan dari permainan kartu adalah penggunaan kartu bergambar yang sesuai dengan perkembangan siswa yang ingin dalam tiap pembelajaran ada hal-hal baru seperti penggunaan kartu ini. Pembelajaran menggunakan metode permainan pada siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan metode permainan yaitu dari 10 orang siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 12 orang siswa dari 30 orang siswa, jumlah siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Melihat hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus 1, maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 peningkatan hasil belajar yang dialami siswa dari siklus 1, yaitu dari 12 orang siswa menjadi 25 orang siswa dari jumlah siswa seluruhnya 30 orang siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar. Berdasarkan analisis data pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 43,3%. Yaitu dari siklus 1 mencapai 40% dan pada siklus 2 mencapai 83,3%, dengan hasil yang dicapai maka dapat dinyatakan tuntas, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Suci 02 melalui penerapan metode permainan menggunakan kartu bergambar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204240;
dc.subjectPenerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Permainanen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PERMAINAN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MATERI PERKALIAN SDN SUCI 02 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record