Show simple item record

dc.contributor.authorOKTAVIA, Siti Nur Afni
dc.date.accessioned2023-01-04T06:40:59Z
dc.date.available2023-01-04T06:40:59Z
dc.date.issued2022-11-07
dc.identifier.nim180210301055en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111377
dc.description.abstractBahan ajar yang diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Melalui bahan ajar yang diintegrasikan TIK materi ditampilkan lebih interaktif, lebih fleksible, dapat menghemat waktu, serta dapat digunakan untuk belajar dimana saja dan kapan saja. Bahan ajar yang selama ini digunakan di SMA Negeri Ambulu khususnya pada materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang masih kurang menarik, kurang efektif dan kurang efisien, yakni berupa Buku Paket dan LKS. Oleh karena itu bahan ajar perlu dikembangkan menjadi bahan ajar yang lebih menarik, efektif dan efisien yaitu berupa bahan ajar berbentuk booklet dengan QR Code. Bahan ajar ini dikemas dalam bentuk cetak dengan ukuran kertas A5 yang menampilkan materi secara rinci menggunakan bahasa yang baku, disertai contoh soal dan diintegrasikan dengan QR Code yang menampilkan video pembelajaran dan kuis interaktif sehingga memudahkan siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Four – D dari Thiagarajan et al yang terdiri dari tahap defining (pendefinisian), designing (perancangan), develope (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Uji coba produk dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada kelompok terbatas dan kelompok lebih luas yang dilaksanakan setelah proses uji kelayakan produk oleh tim ahli materi dan ahli grafis. Uji coba kelompok terbatas dilakukan pada siswa peringkat 3 besar pada masing-masing kelas XII IPS 1-4 SMA Negeri Ambulu sebanyak 12 siswa. Uji coba kelompok lebih luas dilakukan pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri Ambulu sebagai kelompok eksperimen sebanyak 36 siswa, dan kelas XII IPS 2 SMA Negeri Ambulu sebagai kelompok kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji tingkat kemenarikan, uji tingkat efektivitas, dan uji tingkat efisiensi Hasil uji kelayakan materi pada tahap I adalah sebesar 80%, sudah memenuhi kriteria namun masih ada beberapa hal yang perlu direvisi dan hasil uji kelayakan materi tahap II sebesar 91,76% sudah memenuhi kriteria sangat layak untuk diujicobakan. Hasil uji kelayakan grafis sebesar 82,75% hasil tersebut menujukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dalam kategori sangat layak diujicobakan. Hasil kemenarikan pada uji coba kelompok terbatas dan kelompok lebih luas yaitu masing-masing sebesar 89,74% dan 93,80% presentase tersebut termasuk dalam kategori sangat menarik. Hasil uji efektivitas pada uji kelompok lebih luas diperoleh hasil thitung = 6,986 > ttabel = 2,000 dengan mean diffrence kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 8.543. Dari kedua uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang menggunakan bahan ajar booklet dengan QR Code dengan kelompok kontrol yang menggunakan bahan ajar buku paket/LKS. Pada uji coba kelompok lebih luas diketahui dengan menggunakan bahan ajar booklet dengan QR Code waktu yang digunakan lebih singkat yaitu 6 JP dibandingkan dengan alokasi waktu yang ditentukan yaitu 8 JP, sehingga bahan ajar tersebut dikatakan efisien. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar booklet dengan QR Code yang dikembangkan lebih menarik, efektif dan efisien dari bahan ajar sebelumnya untuk digunakan pada materi penyusunan jurnal penyesuaian perusahaan dagang dikelas XII IPS di SMA Negeri Ambulu Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P Dosen Pembimbing II Tiara, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectQR CODEen_US
dc.subjectBAHAN AJAR BERBENTUK BOOKLETen_US
dc.subjectPERUSAHAAN DAGANGen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet dengan QR Code pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang untuk Kelas XII IPS di SMA Negeri Ambulu Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.Pen_US
dc.identifier.pembimbing2Tiara, S.Pd.,M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-26 Desember 2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record