• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet dengan QR Code pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang untuk Kelas XII IPS di SMA Negeri Ambulu Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_SITI NUR AFNI OKTAVIA_180210301055.pdf (5.894Mb)
    Date
    2022-11-07
    Author
    OKTAVIA, Siti Nur Afni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar yang diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Melalui bahan ajar yang diintegrasikan TIK materi ditampilkan lebih interaktif, lebih fleksible, dapat menghemat waktu, serta dapat digunakan untuk belajar dimana saja dan kapan saja. Bahan ajar yang selama ini digunakan di SMA Negeri Ambulu khususnya pada materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang masih kurang menarik, kurang efektif dan kurang efisien, yakni berupa Buku Paket dan LKS. Oleh karena itu bahan ajar perlu dikembangkan menjadi bahan ajar yang lebih menarik, efektif dan efisien yaitu berupa bahan ajar berbentuk booklet dengan QR Code. Bahan ajar ini dikemas dalam bentuk cetak dengan ukuran kertas A5 yang menampilkan materi secara rinci menggunakan bahasa yang baku, disertai contoh soal dan diintegrasikan dengan QR Code yang menampilkan video pembelajaran dan kuis interaktif sehingga memudahkan siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Four – D dari Thiagarajan et al yang terdiri dari tahap defining (pendefinisian), designing (perancangan), develope (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Uji coba produk dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada kelompok terbatas dan kelompok lebih luas yang dilaksanakan setelah proses uji kelayakan produk oleh tim ahli materi dan ahli grafis. Uji coba kelompok terbatas dilakukan pada siswa peringkat 3 besar pada masing-masing kelas XII IPS 1-4 SMA Negeri Ambulu sebanyak 12 siswa. Uji coba kelompok lebih luas dilakukan pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri Ambulu sebagai kelompok eksperimen sebanyak 36 siswa, dan kelas XII IPS 2 SMA Negeri Ambulu sebagai kelompok kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji tingkat kemenarikan, uji tingkat efektivitas, dan uji tingkat efisiensi Hasil uji kelayakan materi pada tahap I adalah sebesar 80%, sudah memenuhi kriteria namun masih ada beberapa hal yang perlu direvisi dan hasil uji kelayakan materi tahap II sebesar 91,76% sudah memenuhi kriteria sangat layak untuk diujicobakan. Hasil uji kelayakan grafis sebesar 82,75% hasil tersebut menujukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dalam kategori sangat layak diujicobakan. Hasil kemenarikan pada uji coba kelompok terbatas dan kelompok lebih luas yaitu masing-masing sebesar 89,74% dan 93,80% presentase tersebut termasuk dalam kategori sangat menarik. Hasil uji efektivitas pada uji kelompok lebih luas diperoleh hasil thitung = 6,986 > ttabel = 2,000 dengan mean diffrence kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 8.543. Dari kedua uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang menggunakan bahan ajar booklet dengan QR Code dengan kelompok kontrol yang menggunakan bahan ajar buku paket/LKS. Pada uji coba kelompok lebih luas diketahui dengan menggunakan bahan ajar booklet dengan QR Code waktu yang digunakan lebih singkat yaitu 6 JP dibandingkan dengan alokasi waktu yang ditentukan yaitu 8 JP, sehingga bahan ajar tersebut dikatakan efisien. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar booklet dengan QR Code yang dikembangkan lebih menarik, efektif dan efisien dari bahan ajar sebelumnya untuk digunakan pada materi penyusunan jurnal penyesuaian perusahaan dagang dikelas XII IPS di SMA Negeri Ambulu Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111377
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository