• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X 4 SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Anggraeni - 080210192040 (2)_1.pdf (1.104Mb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Devi Anggraeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, didapatkan sebuah ringkasan tentang aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran, terdapat 54,76% aktif mmemperhatikan penjelasan guru; 51,20% aktif mencatat yang diajarkan; 35,7% aktif bertanya dan 39,3% siswa aktif menjawab. Dan aktivitas belajar siswa secara klaksikal adalah 54,17%. Selain itu, hasil belajar siswa kelas X 4 juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil nilai ulangan harian mata pelajaran fisika, dari 28 siswa terdapat 10,7% atau 3 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 89,3% atau 25 siswa mendapatkan nilai < 70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penggunaan model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbantuan macromedia flash dalam proses pembelajaran. Model inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran dimana guru membimbing siswa melakukan kegiatan dalam pembelajaran dengan memberi pertanyaan dan mengarahkan pada suatu diskusi. Siswa diberikan kesempatan untuk menemukan ide-ide sesuai pengetahuan di dalam benaknya, berpikir kritis dan logis. Sedangkan media pembelajaran berbantuan macromedia flash, siswa diajak untuk melakukan eksperimen dengan menggunakan animasi macromedia flash sehingga membuat siswa lebih tertarik pada pelajaran fisika dan aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika selama menggunakan model inkuiri terbimbing yang disertai media pembelajaran berbantuan macromedia flash pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Probolinggo. (2) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika setelah menggunakan model inkuiri terbimbing yang disertai media pembelajaran berbantuan macromedia flash pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Probolinggo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X 4 SMA Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 10 April 2012 sampai dengan 7 Mei 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, ketuntasan hasil belajar selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, melakukan percobaan, diskusi kelompok, presentasi hasil dan menarik kesimpulan telah mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 28,6%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 60,7% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 78,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model inkuiri terbimbing yang disertai media pembelajaran berbantuan macromedia flash dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang menekankan pada kemampuan siswa untuk berfikir kritis dan kreatif sehingga siswa menemukan konsep fisika sendiri dengan melakukan eksperimen langsung menggunakan media pembelajaran berbantuan macromedia flash.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11103
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository