Show simple item record

dc.contributor.authorRIKA FITRIYAWATI
dc.date.accessioned2013-09-19T05:31:50Z
dc.date.available2013-09-19T05:31:50Z
dc.date.issued2013-09-19
dc.identifier.nimNIM080210204283
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1109
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IIIB SDN Maesan 1 tanggal 11 dan 18 Juli 2011, diperoleh informasi bahwa prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, alat peraga/media jarang digunakan dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Oleh karena itu, diperlukan alternatif pembelajaran dalam mengajar matematika untuk membantu menyelesaikan masalah rendahnya aktivitas dan ketuntasan belajar siswa. Salah satu model yang ditengarai bisa menyelesaikan masalah adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR?; (2) bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR?; (3) bagaimana persentase ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh deskripsi pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR; (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR; (3) mengetahui persentase ketuntasan belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR. Pengambilan data dimulai dari tanggal 14-26 Oktober 2011, subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB sebanyak 34 yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Persentase aktivitas individu dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR siklus I mencapai 75,4% termasuk kategori aktif, sedangkan pada siklus II mencapai 83,3% termasuk kategori sangat aktif. Persentase aktivitas kelompok siklus I mencapai 76,1% termasuk dalam kategori aktif sedangkan pada siklus II mencapai 90,6% termasuk dalam kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan belajar siklus I mencapai 58,8% (tidak tuntas) dan pada siklus II mencapai 79,4% (tuntas). Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR berjalan dengan lancar karena siswa sudah aktif dan antusias mengikuti pelajaran baik saat menjawab pertanyaan kontekstual, berdiskusi, menggunakan peraga, berinteraksi dan menarik kesimpulan; (2) pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR dapat meningkatkan aktivitas siswa baik individu maupun kelompok; (3) pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IIIB SDN Maesan 1. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan PMR dapat digunakan sebagai pilihan model pembelajaran alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas; (2) pilih pokok bahasan yang sesuai dengan karakteristik pendekatan matematika realistik dan gunakan media/alat peraga yang sering dijumpai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari baik yang berupa benda konkret atau gambar; (3) berikan bimbingan dan motivasi secara individu kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran ; (4) penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan peneliti lain dalam mengembangkan pembelajaran di kelas, dan bagi pembaca yang akan mengadakan penelitian yang serupa diharapkan untuk memahami kondisi siswa, agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204283;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALU PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN YANG MELIBATKAN UANG SISWA KELAS IIIB SD NEGERI MAESAN 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record