Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2018-2021)
Abstract
Celebrity endorser adalah penggunaan figure sebagai bintang iklan di
media, seperti media sosial, televisi maupun media cetak. Celebrity dipakai karena
kepopulerannya termasuk keberanian, keanggunan, talenta, ketampanan, daya
tarik dan kekuatan yang dapat merealisasikan suatu merek yang diiklankan.
Mahasiswi Pendidikan Ekonomi memperhatikan celebrity endorser produk
Scarlett Whitening yang dilihat di media sosial. Celebrity endorser memiliki
pengaruh yang kuat untuk menarik konsumen, semakin terkenal celebrity
endorser maka semakin mendorong mahasiswi Pendidikan Ekonomi untuk
membeli produk Scarlett Whitening. Brand atau merek mempunyai peran yang
penting dalam pemasaran usaha. Brand image dapat berjalan disebabkan oleh
adanya kepercayaan yang dimiliki konsumen tentang mendapatkan kualitas sama
apabila konsumen membeli ulang merek yang sama. Brand image atau citra
merek merupakan sebuah keyakinan yang dimiliki seseorang pada suatu merek.
Image atau citra merupakan suatu kesan utama seseorang terhadap sesuatu. Oleh
sebab itu brand image adalah sebuah penentu sikap dan tindakan yang akan
diambil konsumen terhadap suatu merek
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang
signifikan Celebrity endorser dan Brand image terhadap keputusan pembelian
produk Scarlett Whitening pada mahasiswi Pendidikan Ekonomi angkatan 2018-
2021 FKIP Universitas Jember dan untuk dapat mengetahui manakah variabel
yang paling berpengaruh di antara Celebrity endorser dan Brand image terhadap
keputusan pembelian pada produk Scarlett whitening pada mahasiswi Pendidikan
Ekonomi angkatan 2018-2021 FKIP Universitas Jember. Teknik pengambilan
sampel menggunakan populatif sampling yaitu sebanyak 87 responden, analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional
dengan tujuan melihat adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.
Metode kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data.
Mahasiswi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2018-
2021Universitas Jember yang pernah melakukan pembelian produk Scarlett
Whitening menjadi populasi dalam penelitian ini sebanyak 87 orang. Analisis
linier berganda, varian garis regresi, uji F, uji T,koefisien determinasi berganda,
efektifitas garis regresi linier berganda dan standart error of the estimates
merupakan teknik analisis data pada penelitian ini.
Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2
) yang digunakan untuk
mengetahui kontribusi pengaruh variabel bebas (Celebrity endorser dan Brand
image) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 0,666. Hal ini
menunjukan bahwa besarnya pengaruh Celebrity endorser dan Brand image terhadap keputusan pembelian pada produk Scarlett whitening pada mahasiswi
Pendidikan Ekonomi angkatan 2018-2021 FKIP Universitas Jember sebesar
66,6% sedangkan sisanya 33,4% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini yaitu pendapatan, harga dan manfaat produk yang
ditawarkan . Secara parsial variabel celebrity endorser berpengaruh sebesar
33,644% terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening sedangkan
brand image berpengaruh sebesar 32,956% terhadap keputusan pembelian produk
Scarlett Whitening