Show simple item record

dc.contributor.authorKHUMAIROH, Devy Riesta Zuhrotul
dc.date.accessioned2022-11-03T06:07:56Z
dc.date.available2022-11-03T06:07:56Z
dc.date.issued2022-10-04
dc.identifier.nim180910201017en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110560
dc.description.abstractTingkat kinerja unit pelayanan publik diukur secara berkala menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat sesuai dengan Permen PAN & RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Pada tahun 2021 IKM Puskesmas Bareng berada pada kategori Baik dengan total nilai sebesar 80,53. Kondisi tersebut menunjukkan adanya kinerja yang berkualitas dan kepuasan masyarakat yang cukup tinggi pada Puskesmas, namun ditemukan keluhan dari masyarakat terkait beberapa aspek kualitas pelayanan. Metode Importance Performance Analysis digunakan untuk memperinci dan membantu peletakkan posisi indikator sesuai dengan kuadran yang ada. Pohan (2007) menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien muncul akibat adanya perbandingan pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapan, sehingga dilakukan penelitian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Layanan Kesehatan (Studi di Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling, yakni 150 orang pasien rawat jalan dan rawat inap Puskesmas Bareng yang ditemui oleh peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, uji IKM dilakukan dengan rumus perhitungan yang tercantum dalam Permen PAN & RB Nomor 14 Tahun 2017, sedangkan uji IPA dikakukan dengan rumus yang sesuai dengan teori Importance Performance Analysis (Martilla, 1997). Hasil IKM Puskesmas Bareng berdasarkan penelitian ini memiliki nilai sebesar 75.71, dengan mutu pelayanan C dan kategori kurang baik, sedangkan berdasarkan IPA sebesar 88,77% harapan masyarakat terhadap pelayanan telah tercapai. Apabila disandingkan dengan teori Pohan (2007), maka sebesar 75.71 nilai IKM dan 88,77% nilai IPA adalah kepuasan yang dicapai setelah pasien membandingkan kualitas pelayanan dengan harapan di Puskesmas Bareng.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPelayananen_US
dc.subjectIndeks Kepuasan Masyarakaten_US
dc.subjectImportance Performance Analysisen_US
dc.titleIndeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Layanan Kesehatan (Studi di Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dina Suryawati, S.Sos. M.APen_US
dc.identifier.pembimbing2Muhammad Hadi Makmur, S.Sos. M.APen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record