• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Layanan Kesehatan (Studi di Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang)

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.973Mb)
    Date
    2022-10-04
    Author
    KHUMAIROH, Devy Riesta Zuhrotul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tingkat kinerja unit pelayanan publik diukur secara berkala menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat sesuai dengan Permen PAN & RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Pada tahun 2021 IKM Puskesmas Bareng berada pada kategori Baik dengan total nilai sebesar 80,53. Kondisi tersebut menunjukkan adanya kinerja yang berkualitas dan kepuasan masyarakat yang cukup tinggi pada Puskesmas, namun ditemukan keluhan dari masyarakat terkait beberapa aspek kualitas pelayanan. Metode Importance Performance Analysis digunakan untuk memperinci dan membantu peletakkan posisi indikator sesuai dengan kuadran yang ada. Pohan (2007) menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien muncul akibat adanya perbandingan pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapan, sehingga dilakukan penelitian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Layanan Kesehatan (Studi di Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling, yakni 150 orang pasien rawat jalan dan rawat inap Puskesmas Bareng yang ditemui oleh peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, uji IKM dilakukan dengan rumus perhitungan yang tercantum dalam Permen PAN & RB Nomor 14 Tahun 2017, sedangkan uji IPA dikakukan dengan rumus yang sesuai dengan teori Importance Performance Analysis (Martilla, 1997). Hasil IKM Puskesmas Bareng berdasarkan penelitian ini memiliki nilai sebesar 75.71, dengan mutu pelayanan C dan kategori kurang baik, sedangkan berdasarkan IPA sebesar 88,77% harapan masyarakat terhadap pelayanan telah tercapai. Apabila disandingkan dengan teori Pohan (2007), maka sebesar 75.71 nilai IKM dan 88,77% nilai IPA adalah kepuasan yang dicapai setelah pasien membandingkan kualitas pelayanan dengan harapan di Puskesmas Bareng.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110560
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5699]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository