• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENDEKLAMASIKAN PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LAGU SISWA KELAS V SDN TEGALWANGI 02 TAHUN AJARAN 2011/2012 KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Nurul Hidayatul Mukarromah_001.pdf (329.0Kb)
    Date
    2013-09-19
    Author
    Nurul Hidayatul Mukarromah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran mendeklamasikan puisi berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN Tegalwangi 02 dilakukan guru secara tradisional. Guru hanya bertindak sebagai informasi tentang teori-teori puisi dan bukan pada bentuk praktek secara langsung dalam mendeklamasikan puisi. Hal tersebut berpengaruh terhadap kurangnya kompetensi mendeklamasikan puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah proses pembelajaran mendeklamasikan puisi siswa kelas V SDN Tegalwangi 02 kabupaten Jember melalui pemanfaatan media lagu dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan mendeklamasikan puisi siswa kelas V SDN Tegalwangi 02 setelah diterapkannya pemanfaatan media lagu. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) peningkatan proses pembelajaran mendeklamasikan puisi melalui pemanfaatan media lagu siswa kelas V SDN Tegalwangi 02 Tahun Ajaran 2011/2012 Kabupaten Jember dan 2) peningkatan kemampuan mendeklamasikan puisi siswa kelas V SDN Tegalwangi 02 setelah diterapkannya pemanfaatan media lagu. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Tegalwangi 02 dan di ikuti oleh semua siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa dalam mendeklamasikan puisi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu : 1) Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan lembar pedoman wawancara, 2) Instrumen analisis data berupa perbandingan hasil observasi dan hasil penilaian dari tes mendeklamasikan puisi oleh siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran melalui pemanfaatan media lagu di dalam pembelajaran mendeklamasikan puisi siswa menjadi lebih mampu memahami penjelasan tentang isi puisi yang dideklamasikan (baik dari segi penjiwaaan, nada, gerak, intonasi, dan kelancaran). Di dalam pembelajaran puisi, guru memberikan contoh mendeklamasikan puisi, memperkenalkan konsep iringan musik, dan memberikan contoh mendeklamasikan puisi dengan iringan musik. Hal ini terbukti pada ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85%. Melalui iringan musik tersebut, siswa dilatih untuk membentuk emosi dan membimbing gerak anggota tubuh yang dapat mengekspresikan isi puisi secara maksimal. 2) Peningkatan kemampuan mendeklamasikan puisi siswa secara individu masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 65. Dari jumlah 20 siswa, sekitar 20% yang mendapatkan nilai >65. Peningkatan kompetensi siswa dalam mendeklamasikan puisi dapat dilihat dari ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Pada pra siklus, 4 siswa (20%) yang mencapai ketuntasan dan 16 siswa (80%) masih belum mencapai ketuntasan. Setelah diterapkan tindakan pada siklus 1, hasil ketuntasan belajar meningkat menjadi 10 siswa (50%) yang mencapai ketuntasan dan 10 siswa (50%) masih belum tuntas. Hasil tes setelah dilakukan siklus II, 17 siswa (85%) yang mencapai ketuntasan dan 3 siswa (15%) yang memperoleh nilai tidak tuntas. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa tersebut dapat diketahui bahwa salah satu upaya pembelajaran mendeklamasikan puisi melalui pemanfaatan media lagu sebagai iringan musik dapat memberikan dampak yang positif bagi peningkatan kompetensi siswa dalam mendeklamasikan puisi. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian, untuk selanjutnya supaya pada saat pembelajaran guru berpusat kepada seluruh siswa agar suasana kelas menjadi tenang. Media lagu yang diputar sebaiknya lebih lambat atau pelan, sehingga siswa bisa lebih
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1105
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository