Survei Kepuasan Pelayanan Akademik FKIP Universitas Jember (Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP angkatan 2016-2018 Universitas Jember)
Abstract
Universitas Jember adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat di Kabupaten Jember. FKIP memiliki pelayanan administrasi akademik Untuk menunjang program belajar dan mengajar mahasiswa. Kualitas adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh sebuah layanan administrasi akademik. kualitas pelayanan berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan dimana kualitasnya akan dinilai saat terjadi proses pemberian pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa FKIP Universitas Jember angkatan 2016-2018 terhadap kualitas yang dimiliki oleh pelayanan administrasi FKIP Universitas Jember. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada kualitas pelayanan administrasi FKIP Universitas Jember masih kurang baik. Hasil ini Berdasarkan pada skala perhitungan persepsi dan dari penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat, maka nilai interval konversi IKM Pelayanan Administrasi Akademik FKIP Universitas Jember terletak pada kisaran 76,60-86,60 yaitu 78,508.